Koeman Akan Latih Barca, Wnger Tawari Jasanya Kepada KNVB

OLAHRAGARonald Koeman ramai dikabarkan akan melatih Barcelona. Dan sebagai penggantinya sebagai Pelatih Timnas Belanda, nama Eks manajer Arsenal, Arsene Wenger pun terseret dirumorkan akan hal tersebut.

Sejatinya, Koeman masih menyisakan dua tahun kontraknya bersama Belanda. Namun, pelatih berusia 57 tahun itu meminta kesepakatan tersebut dihentikan lebih awal karena akan menggantikan posisi Quique Setien untuk membesut Lionel Messi dkk di musim depan.

Spekulasi Koeman – Barcelona menguat setelah si pelatih sudah terlihat di Catalonia beberapa waktu lalu. Kesepakatan diantara kedua pihak pun diyakini sudah terjalin, sehingga Barca tinggal membayarkan kompensasi ke KNVB (Federasi Sepakbola Belanda).

Dengan situasi ini, Belanda mesti buru-buru mencari pengganti Koeman untuk mempersiapkan diri berlaga di Piala Eropa tahun depan. Nama Arsene Wenger pun muncul sebagai kandidat suksesor Ronald Koeman.

Wenger dilaporkan menawarkan jasanya kepada KNVB sebagai pelatih baru. Pelatih kawakan Prancis tersebut diketahui masih berhasrat untuk bekerja di pinggir lapangan meski sudah berusia 70 tahun. Wenger saat ini berstatus sebagai direktur FIFA yang mengurus pengembangan sepakbola global.

Pemilik tiga medali juara Premier League tersebut belum melatih tim manapun lagi sejak meninggalkan Arsenal pada 2018.

“Setiap hari saya ingin melatih, saya sudah melakukan hal ini di sepanjang hidup saya,” kata pelatih yang dijuluki the Professor itu pada awal bulan ini.

“Saya berusia 70 tahun, saya sudah memberikan banyak hal. Apakah seharusnya saya sedikit memainkan Russian roullete, sekalipun menyangkut dengan kesehatan saya? Saya tidak bisa melakukan banyak hal dengan setengah-setengah jadi saya menanyakan kepada diri saya sendiri pertanyaan ini,” imbuh Arsene Wenger saat menjawab kemungkinan melatih lagi, secara khusus soal potensi menggantikan Ronald Koeman. (dtc)