Tinjau Venue PON XXI Wilayah Sumut, Ketum KONI Pusat Targetkan Juli 2024 Rampung

JELAJAHNEWS.ID – Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman meninjau beberapa venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, di wilayah Sumatera Utara, Selasa (2/4/2024). Sebelumnya pada 26-27 Maret 2024, Ketum KONI Pusat sudah meninjau venue di wilayah Aceh.

Terlihat Marciano Norman didampingi Ketua Harian Panitia Besar (PB.) PON XXI wilayah Sumut Afifi Lubis dan Kadispora Sumut Baharuddin Siagian bersama rombongan mengawali tinjauan ke Sumut Sport Center di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang dan diakhiri Gedung Bowling Disporasu.

“Venue yang kami lihat tadi progresnya 90%,” terang Ketum KONI Pusat.

Pertama ditinjau adalah Stadion Madya Atletik Sumut Sport Center. Secara keseluruhan venue sudah dalam kondisi baik dan kualitas pembangunannya bagus.

Selanjutnya rombongan melihat Martial Arts Arena. Venue megah tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan beberapa cabang olahraga. Diharapkan ke depan, pasca PON XXI, venue tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, khusus masyarakat olahraga prestasi. Secara umum venue sudah rampung.

Terakhir di Sumut Sport Center, rombongan melihat Stadion Utama Sumatera Utara yang akan menjadi lokasi Wapres RI Ma’ruf Amin menutup PON XXI Aceh-Sumut pada 20 September 2024.

Stadion kebanggaan Sumut itu merupakan dukungan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kapasitasnya mampu menampung 25.750 penonton dengan Royal Lounge untuk VVIP dan sudah menggunakan teknologi ramah lingkungan, yakni Solar Panel. Teknologi hijau itu mampu memberikan dampak efisiensi listrik 7%/tahun.

“Stadion Utama yang dibangun oleh PUPR memang tahapannya hari ini baru 26%, tetapi ada kemajuan 7% sehingga capaiannya 33%,” terang Ketum KONI Pusat mengapresiasi.

Menurut Marciano Norman perkiraan Stadion Utama itu akan selesai nanti pada bulan Agustus, tetapi diharapkan akhir Juli sudah selesai sehingga bisa dipakai untuk persiapan-persiapan lainnya.

Juli 2024, tepatnya pertengahan merupakan target yang juga ditetapkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, kala meninjau Aceh 27 Maret 2024.

Usai melihat stadion utama, rombongan menuju Gedung Bowling Disporasu. Percobaan memainkan boling pun dilakukan oleh rombongan dan terbukti venue sudah siap.

“Saya optimis Sumatera Utara bisa menepati waktu untuk penyelesaian venue-venuenya,” tambahnya.

KONI Pusat dengan PB.PON XXI wilayah Sumatera Utara juga akan melaksanakan rapat koordinasi tentang teknis penyelenggraan PON XXI/2024 pada hari ini.

Atas seluruh kerja keras yang dilakukan, Ketum KONI Pusat berterima kasih, mengapresiasi dan memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Ketua PB.PON XXI wilayah Sumut yang mana juga Pj.Gubernur Sumut Mayjen TNI Purn. Dr. Hassanudin dan jajarannya serta masyarakat Sumatera Utara.

Diagendakan pada malam harinya, pertemuan antara Ketum KONI Pusat dan Pj.Gubernur Sumut membahas persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Demi membuat PON XXI Aceh-Sumut lebih baik dari PON-PON sebelumnya, KONI Pusat selalu memantau setiap langkah persiapan.

Sumut akan mempertandingkan 34 cabang olahraga yang melibatkan 5817 atlet, 2910 ofisial, 4763 panitia pelaksana. Pertandingan digelar antara lain:
Kota Binjai
Kota Medan
Kab. Langkat
Kab. Deli Serdang
Kab. Serdang Bedagai
Kota Pematang Siantar
Kab. Toba
Kab. Simalungun
Kab. Karo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar