Produk UMKM Ramaikan Gelaran F1 Poweboat Danau Toba 2024

JELAJAHNEWS.ID – Sejumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut meramaikan gelaran Pertamina F1 Powerboat Danau Toba 2024 di Balige, Toba, yang akan digelar pada 2-3 Maret 2024
mendatang.

“Kami membawa produk-produk UMKM mitra kami dari Kota Medan, Sibolga dan Dairi. Untuk kota Medan sendiri ada sekitar 40 produk yang dititipkan di booth Bank Indonesia, belum dari daerah lainnya,” ujar Staff Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara, Jose Saragih di Balige, Jumat (1/3/2024).

Pada gelaran balap Formula 1 2024, BI dikatakannya tidak menghadirkan langsung pelaku UMKM di lokasi acara, namun memfasilitasi berbagai produk yang dihasilkan untuk bisa dipamerkan dan di pasarkan pada para pengunjung F1 Powerboat Danau Toba 2024.

Jose mengungkapkan, berdasarkan pengalaman penyelenggaraan tahun sebelumnya, produk-produk UMKM yang laris adalah dari jenis makanan siap saji dan handycraft mungil.

Dia pun optimistis penjualan produk UMKM binaan Bank Indonesia di 2024 akan lebih laris karena pembatasan yang diterapkan panitia akan lebih longgar.

“Kabarnya pembatasan hanya sampai jam satu siang. Jadi akan banyak pengunjung yang bisa masuk ke area ini,” tuturnya.

Sementara itu, pelaku UMKM Ulos, Embun boru Hutagaol, mengatakan, event F1 Powerboat Danau Toba 2024 membawa banyak peluang baru bagi warga setempat.

Dia mencontohkan dirinya sendiri yang mulai meningkatkan jenis usahanya dari sebelumnya menjual hanya kopi dan snack menjadi menjual Ulos.

“Tahun lalu saya hanya menjual kopi di pinggir jalan ini, tapi sekarang mulai menjual kain Ulos. Barusan ada yang membeli kain warna putih, katanya dari Bali,” kata Embun.

Dia mengaku optimistis bisa menjual lebih banyak produk Ulos yang didapatkannya dari para pengrajin kecil di Kabupaten Tarutung.

Sebab, dalam beberapa hari menempati booth yang disiapkan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu, sudah banyak pengunjung yang membeli maupun hanya sekedar bertanya dan melihat-lihat.

“Harganya tidak mahal, Ulos buatan mesin harganya Rp150 ribu, sedangkan untuk yang tenun tangan harganya lebih mahal, Rp180 ribu. Ini bisa dipakai laki-laki dan perempuan
juga,” pungkasnya.

Sebelumnya stakeholder Manajemen Panitia Nasional F1H2O Danau Toba, Gresita Siahaan, mengatakan pihaknya telah meminta pemerintah daerah setempat untuk mengkurasi jumlah UMKM yang berada di sisi luar venue utama, agar penataannya bisa rapi dan menarik.

“Jadi di dalam venue utama ada 20 UMKM, kemudian untuk di luar, kami sudah berkoordinasi dengan pemkab untuk mengkoordinasikan kepada para pelaku usaha,” ujar Gresitea.

Panitia juga meminta agar pemda mengarahkan para pelaku usaha yang memiliki kafe atau tempat makan di sekitar lokasi balapan untuk berkreasi menawarkan paket wisatanya, baik berupa penjualan makanan dan minuman sekaligus tempat untuk menonton perlombaan jet air tersebut.

“Silakan pemilik kafe membuat package bundling (pengelompokan paket), jadi sambil makan dan minum bisa juga menonton bagi konsumen atau wisatawan,” ujarnya.

Pembalap Uji Coba Lintasan Para pembalap yang akan bertanding dalam seri pembuka F1 Powerboat Danau Toba 2024 telah mulai mencoba sirkuit yang terletak di Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, Balige,
Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Uji coba ini sebelum para pembalap memulai sesi latihan bebas.

Pembalap dari Victory Team Erik Stark tampak di antara pembalap yang Bersiap sejak pukul 07.00 WIB.

Para kru tim pun tampak silih berganti membantu para pembalap untuk
memasuki powerboat masing-masing dan menyiapkan kebutuhan pembalap.
Dua unit crane juga disiapkan untuk mengangkat jet air itu dari darat ke air.
Juara seri Danau Toba 2023 Bartek Marszalek juga terlihat di antara pembalap.

Free practice dijadwalkan pada Sabtu (2/3), pukul 07.00-08.30 WIB. Sedangkan balapan akan dilaksanakan pada Minggu (3/3), pukul 11.15-12.00 WIB.

Tim yang terkonfirmasi mengikuti balapan di Danau Toba di antara Team Binh Dinh-Vietnam (Swedia), Victory Team (Uni Emirat Arab), Team Abu Dhabi (Uni Emirat Arab). Kemudian, China CTIC Team (Prancis), F1 Atlantic Team (Portugal), Red Devil-SMC F1 Team (Finlandia), Sharjah (Uni Emirat Arab), Stromoy Racing (Norwegia), dan Maverick Racing (Prancis).

2024 menjadi tahun kedua Indonesia didapuk sebagai tuan rumah gelaran Formula 1 Powerboat. Pada 2023 pembalap dari tim Stromoy Racing Bartek Marszalek keluar sebagai juaranya.

2024 juga menjadi Istimewa karena merupakan edisi ke-300 sejak ajang adu cepat jet air ini diselenggarakan pada 1984 di 39 negara. (jns/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar