Bupati Karo Gelar Diskusi Online Antar Elemen

KAROBupati Karo Terkelin Brahmana SH MH,menggelar diskusi online dengan tema “Penanganan Covid-19 dan Persiapan New Normal”, di Kabupaten Karo, Jumat (12/6/2020) sore.

Turut dihadiri, Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Baltasar Tarigan, Ketua Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba, Plh GTPP Covid-19 Ir Martin Sitepu, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi MSi, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala Mkes, dan Dirut RSUD dr Arjuna Wijaya SpP.

Menurut Ade Roi dengan adanya kegiatan ini, khusus anak muda kaum milineal dan mahasiswa dapat menampung pemikiran positif dalam menghadapi pandemi Covid-19 secara global yang terjadi saat ini.

Sementara Ketua Moderamen GBKP Pdt Agustinus Purba, sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh GMKI sebagai anak muda garda terdepan yang menjadi, penerus dan pengurus bangsa.

Namun, ujarnya, pada prinsipnya, penanganan Covid-19 harus menaati protokol kesehatan, maupun disiplin. Sehingga, Karo dalam menuju New Normal, semuanya sudah siap.

Termasuk masyarakat tidak kaku dan gamang dalam kehidupan baru. Dalam kesempatan yang sama Baltasar Tarigan memaparkan sejumlah konsep dan strategi menuju New Normal. Termasuk yang harus diperhatikan pada saat keluar rumah, dengan mematuhi protokol kesehatan, dengan pola hidup bersih dan sehat.

Begitu juga terkait bidang ekonomi. Lanjutnya, kegiatan dan pemulihan ekonomi boleh dimulai, dengan syarat penyebaran dapat dikendalikan.Sektor ekonomi perlu mendapat prioritas, sektor pertanian perlu dibuka jalur distribusi dan daya serap pasar yang cederung menurun.

Lebih khusus sektor parawisata yang terdampak sangat signifikan dengan memperhatikan pembatasan sosial. Hal ini dibutuhkan kepatuhan masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi efektif, partisipatif, stakeholder, kearifan lokal, budaya/adat, agama dan gereja.

Bupati Karo sangat menyambut positif, konsep dan usulan, dan berharap ini menjadi wadah bagian dari stakeholder pemerintah daerah dalam menerapkan kebijakan sebelum menentukan sikap.

“Menuju Karo New Normal, kita telah menyusun SOP (standar operasional prosedur) yang dilakukan oleh OPD. Jika sewaktu-waktu diterapkan, Karo sudah siap,” ujarnya. Dia menambahkan, terkait protokol kesehatan, sudah sering disosialisasi melalui media, ke tingkat desa bahkan tingkat kecamatan.

Sedangkan Plh GTPP Covid-19 Karo Ir Martin Sitepu menambahkan, bahwa konsep New Normal sudah siap disusun, secara tahap demi tahapan. (Jai)