Bupati Karo Himbau Masyarakat Tetap Waspada Bencana Lahar Dingin

KAROBupati Karo Cory Sebayang meninjau dampak dari lahar dingin di dusun Bekerah, Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket, Kabupetan Karo. Peninjauan itu guna melihat dampak lahar dingin terhadap masyarakat setempat, Jumat (27/08/2021).

Akibat terjangan lahar dingin tersebut banyak lahan pertanian warga yang rusak, serta pemukiman rumah dipenuhi genangan lumpur laharan, serta material kayu dan batu besar menumpuk di badan jalan, sehingga menutup akses jalan Kutabuluh – Kabanjahe.

Bupati Karo Cory Sebayang, meminta jajaran BPBD, dinas PUPR Kabupaten Karo agar menormalisasi akses jalan tersebut.

Bupati juga mengharapkan kepada warga sekitar jalur laharan, untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada, karena saat ini daerah kita rawan bencana.

Dimana, saat ini curah hujan cukup tinggi, serta menghimbau seluruh lapisan masyarakat Tanah Karo agar tetap waspada. yang cukup ekstrim.

Sementara itu, Kepala Pos PGA Ndokum Siroga Kecamatan Simpang empat Armen Putra mengatakan bahwa, Laharan
Ini adalah salah satu dampak sekunder Erupsi Gunung Sinabung di sebelah barat.

“Kedepannya potensi laharan akan bisa terjadi lagi, agar tetap waspada dan membuka jalur laharan, bila ada potensi hujan di puncak gunung Sinabung, “katanya.

Dalam tinjauan itu turut mendampingi Bupati dan Wakil Bupati Karo, BPBD Juspri Nadeak, Plt. Camat Tiganderket Amri Ginting, Kabag humas dan Protokol Setdakab Karo F.Leonardo Surbakti. Kerugian yang belum diketahui secara pasti dampak dari Lahar dingin, namun korban jiwa tidak ada.(Jai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

128 komentar