Bupati Karo Buka Musrenbang Tahun 2022

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana,SH,MH secara resmi membuka pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Karo Tahun 2022, di Aula Kantor Bupati Karo, Kamis (18/3/2021).

Musrenbang RKPD Kabupaten Karo tahun 2022 ini diikuti oleh unsur-unsur DPRD Kab. Karo, Forkopimda Kabupaten Karo, Perangkat Daerah se-Kabupaten Karo, para Akademisi, pelaku dunia usaha, tokoh organisasi sosial dan kemasyarakatan serta keterwakilan perempuan. Untuk menghindari kerumunan, kegiatan ini dilaksanakan dengan pertemuan tatap muka dan virtual melalui media aplikasi zoom meeting.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Karo ini, untuk mendapatkan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan dalam rangka penyempurnaan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Karo tahun 2022.

Bupati Karo dalam sambutannya menyampaikan, Musrenbang RKPD Kabupaten Karo Tahun 2022 ini merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah yang berfungsi sebagai media antar pihak atau stakeholder, untuk melakukan kesempurnaan dokumen perencanaan pembangunan yang disusun.

“Untuk itu, perencanaan pembangunan daerah yang disusun harus mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan pembangunan serta isu strategis yang ada di daerah melalui penetapan prioritas pembangunan daerah, dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan yang ada,” ungkap Bupati Karo.

Adapun tema pembangunan pada tahun 2022 yaitu “Pemulihan Ekonomi Masyarakat Dampak Pandemi Covid-19”.

Adapun prioritas pembangunan yakni, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan reformasi birokrasi, peningkatan ketersediaan dan kualitas infrastruktur serta ketahanan bencana serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dalam sambutannya juga menyampaikan saran agar pembangunan pada tahun 2022 kedepannya lebih menitik beratkan ke sektor pariwisata.

“Hal ini saya sampaikan mengingat potensi sektor ini sangat besar, serta mencermati perkembangan tren pertumbuhan sektor pariwisata secara regional, nasional dan internasional yang cukup menjanjikan kedepannya, serta sektor ini merupakan sektor yang memiliki keterkaitan ganda yang juga besar terhadap sektor lainnya,” ungkap Bupati Karo.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Karo menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan turut berjuang dalam melaksanakan tugas-tugasnya selama ini pada masa jabatan berlangsung, karena ini juga merupakan hari terakhir bagi beliau untuk memimpin acara Musrenbang ini. Beliau juga menyampaikan dukungan kepada Cory Sebayang dan Theophilus Ginting selaku Bupati dan Wakil Bupati Karo yang baru.

Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Karo tahun 2022 ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, yaitu dengan memakai masker, mengukur suhu badan, menjaga jarak serta memakai hand sanitizer.

Turut hadir dalam kesempatan ini Gubernur Sumatera Utara yang diwakilkan oleh staf ahli Gubernur Bidang Hukum Politik Pemerintahan Dr Ir Binsar Situmorang MSi, Kepala BPS Sumut Dr Syech Suhaimi SE MSi, Wakil Ketua DPRD Kab. Karo Sadarta Bukit SE MSi, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hardianto S.Sos, perwakilan dari Bappeda Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Polres Tanah Karo serta para kadis se-Kabupaten Karo. (Jai)