Targetkan Juara Umum di PON 2024, Gubsu: “Sportivitas Adalah Prioritas”

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi mengharapkan Sumut dapat meraih juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Namun sportivitas harus tetap dijunjung tinggi dan menjadi prioritas. Hal tersebut disampaikannya saat membuka Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut tahun 2021 di Hotel Mutiara Berastagi, Rabu (27/1/2021).

“Saya sampaikan sportivitas adalah prioritas, kualitas yang kita harapkan, jangan memaksakan kita menang tapi dicemooh orang,” kata Edy.

Menurutnya, untuk meraih juara umum berbagai hal harus dipersiapkan, terutama mempersiapkan para atlet yang akan berlaga di PON Sumut-Aceh 2024. Untuk hal ini, Pengurus KONI Sumut harus berperan, sehingga prestasi juara umum dapat diraih.

“Saya harap atlet-atlet yang akan berlaga di PON 2024 disiapkan agar meraih prestasi demi kebanggan Sumut yang kita cintai ini,” harapnya.

Ia juga menyampaikan, guna menunjang pelaksanaan PON 2024, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu)  tengah menyiapkan pembangunan Sport Centre di lahan seluas 300 hektare di Desa Sena, Deliserdang. Diharapkan, pada April 2023 Sport Centre selesai dibangun, sehingga siap digunakan pada PON 2024.

“Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Insya Allah, bulan April 2023 sudah selesai. Ini kebanggaan kita, bukan hanya rakyat Sumut, namun juga bangsa Indonesia,” ucap Edy.

Ketua KONI Pusat, Marciano Norman mengapresiasi persiapan yang telah dilakukan Pemprovsu guna mendukung PON 2024. Terutama dalam hal mempersiapkan sport centre. Menurutnya tanpa dukungan pemerintah daerah mustahil olahraga akan maju.

“Saya sangat gembira mendengar atensi Gubernur Sumut dalam rangka PON 2024 itu begitu besar dan sudah dimulai dari sekarang, oleh karenanya saya yakin koordinasi yang baik antara Sumut dan Aceh akan membuat pelaksanaan PON berjalan dengan baik pula,” katanya.

Marciano juga menyampaikan, hingga saat ini, penyelenggaraan PON 2021 di Papua masih sesuai jadwal.  Pihaknya akan mencontoh penyelenggaraan event internasional yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat misalnya olimpiade Tokyo. Penyelengaraan disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, misalnya dengan meniadakan penonton.

“Keselamatan atlet adalah prioritas penyelenggaraan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Sumut, John Ismadi Lubis menyampaikan ada 3 program sukses PON 2024. Antara lain sukses penyelenggaraan, sukses prestasi dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Mudah-mudahan PON 2024 adalah PON yang bermartabat,” kata John.

John juga mengatakan ada 3 agenda yang dilaksanakan dalam Musorprov Sumut tersebut. Antara lain evaluasi program tahun 2017 hingga 2021, penyusunan program 2021-2025 hingga pemilihan Ketua KONI Sumut 2021-2025.

“Pengurus baru 2021-2025 punya pekerjaan berat, ada PON 2021 di Papua dan kedua menyukseskan PON 2024 Sumut bersama Aceh,” kata John. (IP)