oleh

Gubsu Terima Kunjungan Sultan Deli XIV

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) akan terus berupaya menjaga dan melestarikan semua situs sejarah, serta kebudayaan yang ada di Sumut.

Termasuk warisan kebudayaan Kesultanan Deli. Hal ini disampaikan Gubernur Sumut (Gubsu), Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan Sultan Deli XIV, Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah (Tuanku Aji) di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (29/12/2020).

Kunjungan ini merupakan silaturahmi Tuanku Aji yang sudah sebulan di Kota Medan. Dalam pertemuan tersebut, Gubernur bersama Tuanku Aji juga berdiskusi tentang sosial dan budaya Melayu di Sumut. Edy pun mengaku siap membantu untuk mengembalikan dan melestarikan Kebudayaan Kesultanan Deli, bila ada titah dari Tuanku Aji.

“Saya (Pemprovsu) siap membantu untuk terus menjaga dan mengembalikan serta melestarikan kebudayaan Melayu Deli ini, bila Tuanku Aji ada mengeluarkan titah, agar seluruh warisan budaya untuk diambil dan dikembalikan lagi ke Kesultanan,” ucap Edy.

Titah ini, menurut Edy hanya upaya untuk menghindari terjadinya kesalahfahaman pada masyarakat, bahwa ada kepentingan nantinya dalam upaya pengembalian seluruh peninggalan sejarah dan sebagainya di Kesultanan Deli. Edy pun meminta pada Tuanku Aji terlebih dahulu untuk mengumpulkan seluruh Sultan yang ada di Sumut untuk membicarakan hal ini, agar ditemukan kata mufakat.

“Saya pastikan, saya saat ini sebagai Gubernur tidak ada kepentingan politik dalam menjaga kelestarian budaya ini. Saat ini saya berbicara sosial dan budaya. Saya tidak mau dengan ucapan yang sekarang ini ‘Melayu Tinggal Nama’. Makanya kita lestarikan budaya Melayu, agar Sumut memiliki warna,” sebut Edy.

Sementara itu, Sultan Deli XIV Tuanku Aji dalam pertemuan itu mengatakan sangat berharap Pemprovsu dapat membantu untuk mengembalikan peninggalan sejarah, serta menjaga kelestarian kebudayaan Melayu Deli.

“Saya berterima kasih bila Bapak Gubernur dapat membantu kita untuk mengembalikan peninggalan sejarah yang ada dulunya, serta membantu melestarikan budaya Melayu Deli saat ini,” katanya.

Tuanku Aji juga mengatakan, nantinya usai ia menyelesaikan pendidikan, dirinya pun akan kembali ke Kota Medan dan berupaya akan mengabdi dan membantu pembangunan di Sumut. Usai berdiskusi, Gubernur pun kemudian menjamu Sultan Deli XIV makan bersama dan diakhiri memberikan cendera mata. (IP)

News Feed