oleh

Gubsu & Wagubsu Dianugerahi Sebagai Sahabat Pers

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) menerima penghargaan sebagai Sahabat Pers Utama dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut, yang diserahkan Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun dalam acara malam penganugerahan SPS Sumut di Hotel Santika, Minggu (29/11/2020) malam.

Ketua SPS Sumut, Farianda Putra Sinik menyampaikan, penghargaan diberikan kepada Gubsu dan Wagubsu, lantaran keduanya telah menunjukan sikap positif kepada pers di Sumut. Farianda menyebutkan pada masa pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) telah memberikan bantuan melalui advertorial dan sebagainya kepada perusahaan pers di Sumut. Selain itu, Gubsu juga dianggap selalu melayani pertanyaan wartawan dengan baik. Siapapun yang bertanya kepadanya, pasti dijawab.

“Untuk itu, karena kedua pemimpin Sumut menunjukkan sikap positif terhadap wartawan, kedua tokoh ini kami nobatkan sebagai Sahabat Pers,” kata Farianda.

Gubsu, Edy Rahmayadi mengapresiasi pemberian penghargaan tersebut. Menurutnya, pers memiliki peran penting bagi pembangunan daerah, khususnya Sumut. Karena itu, ia menganggap pers sebagai mitra yang harus dirangkul dengan tujuan bersama-sama membangun daerah.

“Saya tidak mau pers ini mati. Kalau pers ini mati, Pemprovsu juga bisa mati. Jadi kita beriring bersama,” kata Edy.

Bahkan menurutnya, Indonesia tanpa pers ibarat sayur tanpa garam. Pers merupakan corong informasi apapun kepada masyarakat. Oleh sebab itu pers memiliki peran yang sangat strategis.

“Pers adalah corong informasi kepada masyarakat,” ucapnya.

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun mengapresiasi Gubernur lantaran telah memberikan bantuan kepada perusahaan pers di daerah ini. Hal tersebut diharapkan dapat dicontoh para kepala daerah lainnya.

“Ada juga Gubernur Bali yang memberikan bantuan. Kami dari Dewan Pers berharap bantuan semacam ini diikuti oleh pimpinan daerah yang lain. Inilah wujud nyata pemerintah dalam mewujudkan demokrasi,” kata Hendry.

Selain Gubsu dan Wagubsu, beberapa tokoh dan kepala daerah di Sumut juga dianugerahi penghargaan serupa. Antara lain Kapolda Sumut, Martuani Sormin, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Rektor UMSU Agussani, Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, Ketua TP PKK Binjai Lisa Andriani Lubis, Dirut Bank Sumut Muchammad Budi Utomo dan tokoh masyarakat Kodrat Shah.

Untuk kepala daerah antara lain, Walikota Tanjungbalai, M. Syahrial, Bupati Padang Lawas, Ali Sutan Harahap, Bupati, Batubara Zahir, Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, Bupati Labuhan Batu, Andi Suhaimi, Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, dan Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan. (IP)

Berita Terkait