oleh

Peringati HPN, Wagubsu Kunjungi Tokoh Pers Perjuangan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah (Ijeck) mengunjungi Tokoh Pers Perjuangan Sumut, Muhammad TWH yang juga pemilik Museum Perjuangan Pers di Jalan Sei Alas Nomor 6, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (9/2/2021).

Kunjungan silaturahmi ini dilakukan Ijeck dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021. Bersama rombongan, Ijeck pun berkeliling dan terpukau melihat berbagai koleksi surat kabar lama yang dipajang di museum tersebut. Ia juga berbincang dengan Muhammad TWH tentang berbagai hal mengenai perkembangan pers dan keberadaan Museum Perjuangan Pers.

“Ini rumah pribadi Bapak (Muhammad TWH) apa mau terus tetap dijadikan museum? Karena saya melihat tempat ini tidak akan cukup untuk menampung semua koleksi yang Bapak miliki. Nanti akan kita diskusikan dengan Pak Gubernur untuk mengupayakan lokasi yang bisa menampung koleksi Bapak, karena Bapak punya koleksi surat kabar yang sangat lengkap,” ujar Ijeck di Museum Perjuangan Pers.

Menyahuti niat baik tersebut, Muhammad TWH terharu dan tidak mampu membendung air matanya.  Dengan terbata-bata ia menyampaikan, dari sejak pertama didirikan, museum tersebut tidak pernah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Saya akan tetap pertahankan museum ini Pak. Anak-anak sekolah banyak datang, untuk mengetahui kisah dari pahlawan yang ada di Sumut. Disini semua terekam jelas kisah perjalan itu,” ujar tokoh pers Sumut berusia 88 tahun itu.

Menurutnya, di Jakarta dahulu ada museum pers yang kini telah berganti nama menjadi Monumen Pers Nasional. Ia pun optimis tempat ini satu-satunya museum pers yang paling lengkap koleksinya tentang surat kabar zaman dahulu, yang pernah ada di Indonesia. (IP)

Berita Terkait