Cegah Penularan Covid-19, Satgas Gelar Prokes di Lapangan Merdeka Medan

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Kota Medan menghimbau warga yang melakukan olahraga di kawasan Lapangan Merdeka tetap disiplin Protokol Kesehatan ( Prokes).

Hal ini disampaikan Kasi Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Medan, Irfan, Minggu (20/12/2020),di lapangan Merdeka Kota Medan.

Irfan menyebutkan selain menghimbau masyarakat Kota Medan, hal itu juga dilakukan sebagai penegakan Peraturan Wali Kota Medan (Perwal) Nomor 27 Tahun 2020 mengenai Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Masa Pandemi Covid 19.

“Adapun prokes yang harus dilaksanakan sebagai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid 19 ini yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer dan menjaga jarak,” ujar Irfan.

Guna mencegah penularan Covid 19, kata Irfan, semua pengunjung diwajibkan menggunakan masker, jika ditemukan petugas ada pengunjung yang tidak menggunakan masker akar diberi sanksi keluar dari kawasan Lapangan Merdeka.

“Upaya maupun himbauan ini bersifat pencegahan dan tidak ada penindakan, hanya melihat sejauh mana kepatuhan masyarakat dalam menaati prokes yang telah ditetapkan pemerintah sebagai adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid 19 saat ini,” tutur Irfan.

Irfan menghimbau agar warga Kota Medan, terlebih pengunjung kawasan olahraga seperti lapangan merdeka mentaati Prokes dengan tetap menerapak 3M ini yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas serta menjaga jarak,” pungkasnya. (FP)