oleh

Tertarik Inovasi Warga, Satgas TMMD Ikut Membuat Sangkar Burung

-TMMD-0 views

TAPSEL – Anggota satgas TMMD ke-111 Kodim 0212/Tapsel justru sangat tertarik inovasi warga Siuhom, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapanuli Selatan dengan cara membuat sangkar burung dari Sanggar. Sanggar burung yang dibuat untuk memikat burung liar di hutan.

Prada Sultoni Salah satu Satgas TMMD disela-sela waktu istirahat, Selasa (13/7/2021) melihat sekelompok pemuda sedang membuat sangkar burung “pamike” (pemikat burung) di sudut desa. Melihat itu tentara yang satu ini tertarik untuk ikut membuat sangkar burung

Mulanya sanggar di potong sesuai ukuran, kemudian sanggar satukan menjadi sebuah bangunan empat segi dengan kamar banyak. Di tengah- tengah dibuat kamar khusus burung yang dijadikan umpan “pamike’ burung liar.

Dari sisi kiri kanan, bagian muka dan belakang dibuat kamar dengan pintu terbuka, dibantu tali sebagai pematik bila pematik dipijak kaki burung yang menghampiri alamat burung terperangkap, ujarnya.

Komunikasi dua arah terjadi, karena Sultoni juga memberikan pelajaran baru, bagaimana cara membuat sangkar burung berdasarkan pengalaman yang dia miliki. Begitu juga cara merawat burung. Momentum itu menjadi daya tarik bagi warga untuk saling berbagi ilmu di masa TMMD berjalan.

Satgas TMMD Ke-111,Kodim 0212/Tapsel selain melakukan kegiatan fisik juga nonfisik. Kedua kegiatan berlangsung dengan optimal. Intinya bagaimana masyarakat di lokasi TMMD termotivasi untuk bangkit yang pada akhirnya ekonomi mereka membaik.( Irul Daulay)

Berita Terkait