Waka Polda Sumut Resmikan Pembangunan 75 Unit Rumah Dinas Polres Tapsel

TAPSELWaka Polda Sumatera Utara (Sumut) Brigjen Pol Dadang Hartanto meresmikan perumahan bersubsidi personil Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) Graha Wicaksana Laghawa, di Desa Marisi, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Jumat (4/6/2021).

Secara simbolis, Waka Polda Sumut melakukan peletakan batu pertama disaksikan Kapolres Tapsel AKBP Roman S Elhaj beserta Pejabat Utama (PJU) Polres Tapsel.

Secara nasional launching rumah bersubsidi tersebut di agendakan Polri sebanyak 100.000 unit rumah untuk Pegawai Negeri Pada Polri (PNPP), dan secara virtual diikuti 34 Polda.

Usai peletakan batu pertama, Kapolres Tapsel AKBP Roman S Elhaj mengatakan, sesuai dengan program Polri untuk pengadaan 100 ribu rumah untuk Personil Polri.” Kami dari Polres Tapsel akan membangun 150 unit rumah, dan pada tahap awal ini akan dibangun 75 unit dengan tipe di lahan seluas 3,4 Ha,” ujar Roman.

Lebih lanjut Roman menuturkan, pembangunan rumah Polres Tapsel bekerja sama dengan Bank BTN, serta untuk pembangunannya dikerjakan oleh PT. Trida Konstruksi Jaya.

“Program launching 1 juta unit rumah ini sesuai instruksi Kapolri, dan diterjemahkan dengan pembangunan 100 ribu unit rumah Polri,” terang Roman.

Menurutnya, personil Polres Tapsel kurang mendapat perhatian terkait rumah tempat tinggal guna menunjang pelaksanaan tugasnya.

Untuk itu, kata Roman, melalui pembangunan rumah layak tinggal tersebut, diharapkan dapat mendukung personil Polres Tapsel dalam melaksanakan tugasnya.

“Terima kasih buat atensi pimpinan kami dalam mewujudkan SDM yang unggul, dengan mensejahterakan anggota untuk mendapatkan perumahan yang layak,” pungkasnya.

Sementara itu, Branch Manager Bank BTN Pematang Siantar Hadeli  menyampaikan, perumahan tersebut merupakan kerja sama dengan Mabes Polri.

“Kami membuat produk Perbankan yang di desain khusus untuk TNI Polri, yakni KPR Patriot, selain istimewa, dengan bunga perbankan yang beda. Misalnya, untuk anggota  yang memiliki penghasilan di bawah 8 juta rupiah kita buat KPR Subsidi,” terang Hadeli.

Hadeli mengatakan, jenis rumah yang dibangun adalah tipe 36, dengan ukuran tanah 7 X 16 dengan total luas lahan 3,4 hektar.

“Keistimewaan perumahan ini adalah, 1,4 hektar dari luas lahan kita buat taman dan sarana lainnya,” ujarnya.

Turut hadir dalam launching Graha Wicaksana Laghawa, Karo SDM Polda Sumut, Kombes Heru Budi Prasetyo, mewakili BTN dan mewakili PT. Trida Konstruksi. (Irul Daulay)