Tips dan Trik Atasi Masalah Menstruasi

KESEHATAN Hampir setiap wanita pasti pernah merasakan sakit menjelang atau saat datang bulan tiba (Menstruasi). Rasa sakit itu bisa bermacam-macam mulai dari kembung, melilit, lemas, migrain, sakit perut, dan merasa kelelahan.

Sakit di bagian perut biasanya akan lebih mendominasi. Rasa sakit ini memang kerap terjadi karena saat itu otot-otot rahim akan berkontraksi untuk meluruhkan dinding rahim endometrium.

Kontraksi otot-otot rahim tersebut membuat aliran darah ke otot-otot rahim menjadi berkurang yang merangsang ujung-ujung saraf sehingga terasa nyeri. Rasa sakit ini tentunya akan sangat mengganggu karena bisa saja menghambat aktivitas sehari-hari.

Kamu pasti tak mau merasakan rasa sakit ini setiap bulan, kan? Nah, simak tips dan trik berikut ini untuk mengatasi masalah  yang sering kamu alami.

Kenali Siklus Menstruasi

Langkah pertama yaitu dengan melacak siklus menstruasi. Hitung berapa lama menstruasi itu berlangsung tiap bulan, dan berapa lama periodenya hingga ke siklus selanjutnya. Catat juga tingkat energi yang kamu miliki selama menstruasi, perubahan gerakan usus, dorongan seksual, suasana hati, hingga kebiasaan tidur.

Data-data pribadi ini akan membantu kamu untuk mengatur tubuh, misalnya mengatur asupan nutrisi dengan lebih baik saat menstruasi agar tubuh terasa lebih bugar. Kamu juga bisa lebih produktif di minggu-minggu sebelum periode tiba, karena mungkin saat siklusnyatiba kamu harus banyak beristirahat, dan lain sebagainya.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya Magnesium

Magnesium bisa mendukung sistem saraf dan mengatasi perasaan gugup, gelisah dan mudah tersinggung. Mood yang bisa memperparah rasa sakit tersebut biasa dialami oleh orang yang sedang menstruasi karena pengaruh dari hormon.

Sayuran hijau seperti kangkung, bayam, lobak, brokoli, merupakan beberapa sayuran yang baik dikonsumsi saat sedang mengalaminya. Namun jika tidak terlalu suka dengan sayuran, kamu juga bisa mengasup magnesium dari suplemen.

Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup juga menjadi kunci membuat tubuh kembali bugar saat menstruasi. Melatonin, hormon malam hari, memiliki dampak besar pada siklus menstruasi. Melatonin ini dapat meningkatkan ovulasi dan sumber kesuburan dan mengobati nyeri panggul kronis pada endometriosis.

Terapi Hangat

Cara lain yang bisa membantu meredakan nyeri haid secara efektif yaitu dengan terapi hangat. Kamu bisa mengompres perut atau di bagian yang nyeri dengan air hangat. (dtc)