Gini Tips Menghadapi Sakit Kepala Mendadak Saat Berolahraga

KESEHATAN Sakit kepala bisa muncul tiba-tiba saat sedang berolahraga. Jika bukan karena ada masalah lain dengan kesehatan, bisa jadi itu adalah exertion headache yang memang dipicu oleh olahraga.

Exertion headache bisa berlangsung 5 menit hingga 48 jam. Biasanya muncul saat berolahraga dengan intensitas tinggi sehingga tekanan darah mengalami peningkatan di sekitar otak.

Jika tidak biasanya hal itu terjadi, maka sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Berikut ada beberapa tips menghadapi sakitnya kepala mendadak saat olahraga.

1. Berhenti dan lakukan pendinginan

Sakit kepala yang menyerang saat berolahraga bisa juga berarti pertanda bahwa tubuh terlalu dipaksa. Jika sudah demikian, istirahat adalah pilihan paling bijak. Lakukan pendinginan untuk mengakhiri sesi olahraga.

Jika sakit kepala langsung reda dan masih ingin melanjutkan olahraga, maka lakukan kembali secara bertahap mulai dengan pemanasan.

2. Temukan penyebab

Ada berbagai pemicu sakit kepala saat olahraga. Dehidrasi, kurang tidur, dan bahkan gangguan pada tekanan darah, termasuk di antaranya. Kenali apa saja yang paling mungkin menjadi pemicunya, lalu hindari.

3. Perbaiki postur

Gerakan atau form saat berolahraga bisa saja memicu sakit kepala ketika dilakukan dengan tidak tepat. Memperbaiki postur dan gerakan saat berolahraga akan membuat aliran darah lebih lancara sehingga tidak mudah terserang sakit kepala.

4. Periksakan segera

Apapun yang terkait dengan sakitnya kepala bisa jadi sangat serius karena sangat dekati kaitannya dengan sistem saraf pusat. Sesegera mungkin, periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya, terutama jika sering muncul dan berlarut-larut. (dtc)