Ranwal RKPD 2022, Walkot Ingatkan Konsultasi Publik Akan Memotret Berbagai Gagasan

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Padangsidimpuan menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota P.sidimpuan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah kota P.sidimpuan Tahun 2022, digelar di Aula Hotel Mega Permata, Rabu (10/2/2021).

FKP Ranwal RKPD Tahun 2022 ini dibuka secara resmi oleh Wali kota P.sidimpuan, dan pelaksanaan FKP ini dilaksanakan dengan sistem tatap muka langsung.

Wali kota P.sidimpuan Irsan Efendi Nasutiom SH. mengatakan di masa pandemi ini begitu besar permasalahan dan tantangan pembangunan ke depan, di lain pihak sumber daya pembangunan terbatas khususnya pembiayaan pembangunan sehingga diperlukan adanya Konsultasi Publik Rancangan Awal (RKPD) di Kota Padangsidimpuan tahun 2022 dalam upaya menjawab permasalahan pembangunan yang mendasar.

Wali Kota juga mengingatkan kepada seluruh perangkat daerah untuk menyusun rancangan kerja perangkat daerah dan mengingatkan bahwa konsultasi publik akan memotret berbagai ide, gagasan bahkan pikiran-pikiran yang berkembang di Kota Padangsidimpuan.

Selain itu, harap Wali Kota agar OPD melakukan konsultasi publik terhadap rancangan kerja pembangunan daerah tahun 2022, “Tolonglah, saya kira teman pimpinan organisasi perangkat Daerah mulai juga memotret di internal OPD masing-masing,” ujarnya.

“Saya berharap perencanaan RKPD tahun 2020 itu, mereka harus mampu berpikiran berkembang di hari ini, tetapi juga sekaligus harus mampu melakukan evaluasi ke dalam karena terkait dengan RKPD tahun 2022.” Tidak akan mungkin bisa kita sempurnakan, kita perbaikin, apabila kita tidak kembali ke treak sesungguhnya,” pungkasnya.

Selanjutnya dalam sambutan ketua DPRD kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto,SH mengatakan, “DPRD kota P.sidimpuan menunggu dihangatkan RKPD ini serta mengajak ke semua kompeten untuk memberikan saran dan pendapat demi kesempurnaan memberikan saran dan pendapat demi kesempurnaan rancangan awal RKPD ini.

Adapun materi FKP Ranwal RKPD 2020 diantaranya, Gambaran Umum Capaian Makro Ekonomi Wali Kota Padangsidimpuan. Potret Makro Ekonomi dan sosial Kota P.sidimpuan, oleh Kepala BPS P.sidimpuan Hafshah Aprillia, S.Si. M.Si, selanjutnya Rencana Prioritas Pembangunan Kota P.sidimpuan Tahun 2022 dan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Prioritas Pembangunan Tahun 2022.

Hadir pada kesempatan tersebut Forkopimda Padangsidimpuan, Wakil wali Kota P.sidimpuan H. Arwin Siregar. MM Ketua Panitia, Kepala Baplitbangda, Dr M Jusor Nst, Ketua DPRD, Siwan Siswanto, SH, Anggota DPRD, Gunawan,SH, Sekda kota, Kepala BPS, Hafshah Aprillia, S.Si, Asisten, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Camat di lingkup Pemerintah kota P.sidimpuan, pejabat dilingkup Bappeda kota P.sidimpuan, Organisasi kemasyarakatan dan pemuda, pers dewan riset, Koni, forum anak, perguruan tinggi, dan sejumlah undangan lainya. (Irul Daulay)