DPRD Sumut Sepakat Meluruskan 3 Tikungan Jalan di Karo

KARO – Tim DPRD Sumut yang dipimpin Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dan Kadis BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut Effendi Pohan sepakat meluruskan tiga tikungan jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh-Barusjahe-Sukanalu Karo. Sehingga jalan tersebut bisa dilintasi truk besar maupun truk pengangkut sayur-mayur.

Kesepakatan itu terungkap saat Tim DPRD Sumut yang dipimpin Baskami Ginting, Wakil Ketua Dewan Salman Alfarisi, didampingi Ketua Komisi D H Anwar Sani Tarigan, anggota Komisi B Ingan Amin Barus, anggota Komisi D Jubel Tambunan, Mangapul Purba berkunjung ke Karo.

Juga hadir Parlaungan Simangunsong, Ust Syahrul Ependi Siregar, Ari Wibowo, Tangkas Manimpan L Tobing, Dedi, H Wagirin Arman, Jumadi, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi, Kadis BMBK Sumut Effendi Pohan saat meninjau jalan provinsi jurusan Tongkoh-Sukanalu, Karo, Kamis (16/7/2020).

Menurut Baskami dan Ingan Amin Barus kepada Kadis BMBK Sumut, jalan provinsi Tongkoh-Barusjahe-Desa Sukanalu hingga Tigapanah, awalnya diprioritaskan sebagai jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di Kabanjahe dan Kota Berastagi menuju Kota Medan.

“Tapi tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal, mengingat jalan alternatif dari arah Merek-menuju Medan ini, persisnya di Desa Sukanalu, ada tiga titik tikungan sangat patah (tajam) serta jalannya juga sempit. Sehingga tidak bisa dilintasi truk besar. Sehingga tikungan tersebut perlu diluruskan,” ujar Ingan Amin Barus.

Memang diakui Ingan Amin, setiap pelebaran atau pelurusan jalan, tentu terkait pembebasan lahan. Dan pihaknya akan melakukan pendekatan kepada masyarakat. Seraya berharap kepada Pemkab Karo membantunya, dalam komunikasi maupun administrasi. Sehingga tanah masyarakat Desa Sukanalu bisa diganti rugi.

Bupati Karo dalam kesempatan itu sangat mendukung rencana memperluas kerangka roda ekonomi di Karo. Salah satunya akses jalan ditingkatkan dengan kemampuan segala kendaraan atau truk bisa lewat.

“Pemkab Karo sangat mengapreisasi atas turunnya tim work ke lapangan untuk mengefektifkan jalur alternatif tersebut. Apa yang dibutuhkan, pemkab siap memfasilitasi terhadap masyarakat maupun yang lainnya,” ujar Terkelin.

Kadis BMBK Sumut Effendi Pohan juga siap untuk mengkaji dan menganggarkan dananya di APBD Sumut. Dia berharap kepada DPRD Sumut ikut mendukung pengalokasian anggarannya. Sehingga jalan tersebut bisa secepatnya dilintasi truk besar dan truk sayur-mayur dari Merek menuju Medan dan sebaliknya. (Jai)