Terkelin Brahmana Minta PMI Respon Tanggap Bencana

JELAJAHNEWS.ID, KARO – Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH menegaskan, keberadaan PMI (Palang Merah Indonesia) Karo yang dipimpin Farida Ariani Br Pelawi, SPd, MM, harus bisa lebih eksis dan mampu hadir disetiap saat menghadapi bencana yang datang tiba-tiba.

Hal ini diungkapkan Terkelin Brahmana SH, MH didampingi Kakesbang Tetap Ginting, saat menerima kedatangan pengurus PMI Karo periode 2020-2025 yang dipimpin oleh Ketua Farida Ariani Br Pelawi, Kamis (28/1/2021) diruang kerja Bupati Karo, Kabanjahe.

Bupati bahkan mengingatkan PMI Karo agar jangan pernah takut mengemban amanah yang dipercayakan, semua pasti ada kekurangan. Namun kesempurnaan itu tercapai ada niat dan kemauan belajar dari apa yang dilalui, sehingga kegigihan akan menghasilkan keberhasilan.

“Tugas PMI sangat berat, dikaitkan dengan kondisi letak geografis Karo yang rawan bencana. Seperti erupsi Gunung Sinabung , tanah longsor, puting beliung, kebakaran dan gempa. Perlu kesiapsiagaan kita semua dalam menghadapi bencana ini,” ujarnya.

Ditambahkan Terkelin, keikutsertaan PMI Karo dalam penanggulangan bencana di daerah, patut diapresiasi, sebab sangat membantu masyarakat maupun pemerintah setempat.

Sementara itu, Ketua PMI Karo Farida Ariani Br Pelawi, SPd, MM menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Karo, yang secara tegas menyatakan komitmennya mendukung PMI. Tanpa membeda-bedakannya dengan organisasi lainnya.

Sekedar diketahui, lanjut Farida, ada tiga program utama. Pertama, membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana. Kedua, menghimpun dan memproses darah, ketiga, melakukan sosialisasi terkait kesehatan dan sosial lainnya.

“PMI Karo siap membantu dan bekerjasama dengan BPBD yang menangani bencana dan instansi terkait lainnya. Guna membangun kemitraan dalam rangka bersama-sama membantu penanggulangan bencana di daerah,” katanya. (Jai)