KMP Porapora Resmi Berlayar di Danau Toba

TOBA – Kapal Motor Penumpang ( KMP) Porapora resmi berlayar hari ini melalui Danau Toba, dan siap beroperasi melayani penumpang dari Pelabuhan Balige (Toba)-Onan Runggu (Samosir), Kamis (16/07/2020) sekira pukul 12.30 Wib.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Direktur Transportasi ASDP Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Pandu Yunianto, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM, Bupati Toba Drs. Darwin Siagian.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, Harris Lubis mengatakan Kapal Motor Penumpang (KMP) Porapora untuk membantu masyarakat dan meningkatkan jalur Balige melalui danau ke Onanrunggu Kab Samosir, sekaligus mendukung kegiatan pariwisata di Kab Toba.

Pengoperasian KMP Pora-Pora dilaksanakan oleh PT. ASDP Indonesia Ferry dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan nomor 11 Tahun 2020, tentang Pedoman Petunjuk Teknis Penggunaaan Transportasi Darat Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Untuk Mencegah penularan Covid-19. Pelayaran direncanakan sementara 3 kali dalam seminggu dan satu trip per hari pulang pergi.

Sementara itu, Pandu Yunianto mengatakan bahwa berbagai fasilitas menghubungkan wilayah-wilayah di Kawasan Danau Toba melalui pengadaan kapal motor adalah atas instruksi Presiden, demi kemajuan perekonomian masyarakat sekitar.

“Tidak ada tujuan yang lain selain dari pemerintah berusaha menghidupkan suasana pariwisata dan ekonomi masyarakat supaya lebih meningkat di kawasan Danau Toba, maka aset ini harus kita jaga dan pelihara bersama” jelasnya.

Selanjutnya, Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM dalam sambutannya menyarankan agar KMP Porapora bisa dioperasikan setiap hari, karena ada akses pendistribusian bahan makanan dan bangunan dari dua kabupaten, sekaligus memicu geliat pariwisata dan dikoneksikan dengan Bandara Silangit.

Bupati Samosir meminta agar layanan penyeberangan ke depan dapat dilakukan setiap hari dan trip perjalananannya perhari ditambah.

“Kami mohon agar ini dioperasikan setiap hari, jangan 3 kali seminggu. Nanti malas orang datang pak,”pinta Rapidin dan dianggukkan Pandu Yunianto Direktur Jenderal Transportasi Sungai, Danau Perhubungan Darat.

Dengan ditetapkannya Geopark Kaldera Toba menjadi UNESCO Global Geopark, Rapidin berharap sinergitas dan kebersamaan antara Kepala Daerah Se-Kawasan Danau Toba tetap terjaga dan semakin ditingkatkan.
“Kebersamaan dan saling bergandengan tangan para stakeholder merupakan kunci utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kawasan Danau Toba,” tutup Rapidin.

Kemudian, Bupati Toba Ir Darwin Siagian menambahkan akan mendukung beroperasinya KMP porapora di kawasan Danau Toba. Ia berharap KMP Porapora nantinya mengangkut penumpang angkutan dari Balige ke onanrunggu Kab Samosir.

Acara ini tutur dihadiri oleh Bupati Toba Ir.Darwin Siagian beserta istri, Wakil Bupati Toba Hulman Sitorus beserta istri, Sekda Kabupaten Toba Audy Murphi Sitorus,Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Ketua DPRD Kabupaten Toba Effendi Napitupulu, Wakil Ketua DPRD Effendi Napitupulu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toba C.Manurung, Direktur Perhubungan ASDP Pandu Yunianto, Kadishub Provinsi Sumatera Utara Abdul Haris Lubis, GM ASDP Sibolga Umar Imran Batubara, Jasa Raharja M. Fadil Syam, Camat Balige Pantun Pardede, Kadishub Kabupaten Toba Tito Siahaan, Kabag Humas Toba Robinson Sigian, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Pimpinan OPD Kabupaten Toba dan Samosir, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (red)