Bupati Asahan Terima 4.440 Vaksin Covid-19 Sinovac

JELAJAHNEWS.ID, ASAHAN – Bupati Asahan H Surya Bsc menerima 4.440 Vaksin Covid-19 Sinovac di Kabupaten Asahan, Senin (1/2/21).

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD, Sekretaris Daerah Jhon Hardi Nasution, Kapolres Asahan, Kepala Kejaksaan, Danlanal Tanjungbalai Asahan, Dandim 0208/AS, para Asisten, Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr Elfina br Tarigan, MKT, Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan H Rahmat Hidayat Siregar S Sos MSi, Kepala Kementerian Agama, Kepala Badan POM Tanjungbalai Kabupaten Asahan, bersama seluruh OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Asahan.

Serah terima vaksin Covid 19 tersebut dilaksanakan di gudang Instalasi Farmasi Jalan Durian Kisaran, Kabupaten Asahan.

Vaksin tersebut dikawal oleh beberapa kendaraan penjemputan vaksin diantaranya mobil Ambulance vaksin, Ambulance logistik dan di kawal oleh Satlantas Polres Asahan, PM, Brimob, Dinas Kesehatan, Mobil Escape Polres Asahan.

Bupati berharap vaksin ini akan diterima dan ditempatkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Vaksin telah kita terima pada hari ini dan akan ditempatkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kabupaten Asahan sudah siap melaksanakan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Asahan,” tegas Bupati Asahan.

Vaksin akan didistribusikan ke 29 puskesmas di Kabupaten Asahan, Selasa (2/2/2021). Selanjutnya pada hari Rabu direncanakan akan dilakukan Vaksinasi terhadap Tenaga Kesehatan.

Lalu direncanakan pada hari Jumat, Bupati, Forkopimda dan Pejabat Daerah juga akan dilakukan Vaksinasinasi. Sementara untuk prosedur vaksinasi Covid-19 harus didaftarkan secara online terlebih dahulu, dan setelah hasilnya keluar pada hari Jumat, tim kesehatan akan menentukan terlebih dahulu apakah orang tersebut layak divaksin atau tidak.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto SIK menegaskan vaksin ini akan dijaga dengan sangat ketat, karena dikhawatirkan nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kapolres menambahkan bahwa keberhasilan penjemputan Vaksin Covid 19 sampai ke Gudang Farmasi dengan aman berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Asahan bersama dengan Polri dan TNI serta unsur Forkopimda Kabupaten Asahan.

Sementara itu Badan POM Tanjungbalai Asahan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kelengkapan vaksin yang baru tiba.
Dari pemeriksaan tersebut diperoleh kelengkapan berupa safety box sejumlah 100 pcs, alkohol swab, dan injeksi alat suntik sebanyak 5100, yang semuanya dalam kondisi suhu normal dan baik..(JN/YS)