Munas V APKASI, Bupati Taput Singgung Pendirian UNTARA Dengan Presiden Jokowi

JELAJAHNEWS.ID, TAPUT – Bupati Tapanuli Utara, Drs Nikson Nababan M.Si hadiri acara Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Istana Negara, Jakarta, Jumat (26/3/2021). Acara tersebut dihadiri 27 Kepala Daerah, selebihnya 389 Kepala Daerah mengikuti rapat melalui zoom meeting.

Dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah untuk memprioritas alokasi anggaran untuk pelaksanaan program strategis yang esensial dan dibutuhkan masyarakat.

“Program-program strategis di kabupaten yang memecahkan masalah-masalah mendasar dan bisa membawa lompatan besar ke depan terus harus dikawal dan diprioritaskan,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Negara mengingatkan para kepala daerah untuk melakukan konsolidasi anggaran. Rencana penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus diperhitungkan secara detail dan difokuskan pada program prioritas yang esensial dan dibutuhkan masyarakat.

“Sekali lagi, lakukan konsolidasi anggaran, sedikit program, dua saja unggulan, dua saja skala prioritas, yang dibiayai secara penuh (full) untuk menghasilkan produk yang maksimal, yang benar-benar dicari, yang benar ada manfaatnya secara langsung untuk rakyat,” tegasnya.

Pada kesempatan berharga itu, Bupati Taput juga menyempatkan diskusi singkat dengan Presiden Jokowi terkait Pendirian UNTARA dan disambut baik dengan ucapan selamat.

Presiden juga menyampaikan Program Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional dengan prioritas program padat karya seperti jalan usaha tani, drainase persawahan, rehap sekolah. (ganda)