P2SRH Medan Rayakan Natal di GKPI Padang Bulan

JELAJAHNEWS.ID – Keluarga besar Punguan Pomparan Siraja Hutagalung, Boru-Bere dan Ibebere (P2SRH) Kota Medan merayakan Natal perdana di Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Pamen, Padang Bulan, Jumat (9/12/2022) lalu.

Kegiatan Natal P2SRH Kota Medan ini mengutip Tema “Allah Beserta Kita”, Matius 1:23 C. Subtema “Jadilah Pembawa Damai Dimanapun Pomparan Siraja Hitagalung Boru-Bere dan Ibebre Berada”.

Acara natal yang dikemas secara sederhana ini berlangsung cukup meriah yang dihiasi pernak pernik natal sehingga suasana terasa penuh damai dan sukacita.

Kegiatan Natal tersebut turut dihadiri oleh seluruh anggota P2SRH Kota Medan yang terdiri 11 sektor di Kota Medan dan sekitarnya.

Menyambut barisan prosesi Pendeta, Ketua Umum P2SRH dan panitia Natal sebelum memasuki ruang ibadah jemaat bangkit berdiri seraya diiringi dengan lagu pujian penyembahan.

Pdt Polin Sihombong dalam renungannya mengajak seluruh Punguan Pomparan Siraja Hutagalung Boru-Bere dan Ibebere Kota Medan tidak takut menghadapi tantangan gelombang hidup yang semakin pelik.

Sebab Tuhan Yesus Kristus menjamin hidup umat-Nya jika tetap yakin dan percaya kebesaran-Nya meski ditengah getirnya tantangan akhir jaman, berbagai persoalan penyakit dan ekonomi seolah tiada pilihan lagi.

“Tidak perlu khawatirkan dalam hidup ini, bila kita bersama-Nya tiada yang mustahil bagi Dia. Tetapi jika khawatir maka kita akan terombang-ambing bagaikan kapal terhempas ditengah lautan. Namun bila Tuhan bersama kita tentunya hidup kita damai dan tentram. Untuk itu mari sungguh-sungguh menyatakan kebenaran-Nya,” ujarnya dihadapan 600 peserta Natal.

Sebelumnya, diselah kata sambutan ucapan selamat Natal, Ketua Panitia Natal P2SRH Kota Medan Monang Tahan Hutagalung menyebut perayaan Natal kali ini merupakan suka cita yang besar bagi seluruh warga P2SRH Kota Medan pasca pandemi Covid-19 dimana ruang gerak sosial terbatas.

“Kami dari panitia menyampaikan terima kasih buat seluruh tim yang telah bekerja keras. Semoga perayaan Natal ini membawa damai bagi Punguan Hutagalung Kota Medan dan menjadi momentum menjalin tali persaudaraan sesama keturunan Siraja Hutagalung,” kata Monang Tahan Hutagalung dalam sambutannya.

Mewakili pengurus P2SRH, Sanggam Hutagalung merasa bangga atas perayaan Natal tahun 2022 dapat dihadiri seluruh keturunan Marga Hutagalung hingga berjalan hikmat dan penuh sukacita untuk memuji dan menyembah Juru Selamat Dunia.

Harapan kedepannya, kata mantan Sekda Kabupaten Tapanuli Utara ini kiranya kebersamaan ini menjadi ajang tali silaturahmi dan tentunya apa yang menjadi program kerja P2SRH dapat terlaksana dengan baik sebagai wujud nyata persaudaraan.

“Terima kasih buat seluruh pantia dan pengurus sektor yang telah berjuang baik materi dan pikiran mempersiapkan seluruh rangkaian suksesi perayaan Natal P2SRH berjalan hikmat,” ucap Sanggam Hutagalung.

Ketua Umum P2SRH Hutagalung, Boru-Bere dan Ibebere Kota Medan Henry Jhon Hutagalung mendorong punguan ke depan agar dapat lebih maju dan fokus melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang berdampak nyata agar lebih kompak dan saling membantu satu sama lain.

Mantan Ketua DPRD Medan menjelaskan kegiatan berikutnya kiranya bukan hanya sekedar seremonial belaka melainkan kegiatan yang lebih bermanfaat demi kemajuan organisasi dan kesejahteraan anggota.

“Tiada yang mustahil jika kita saling mengasihi satu sama lain tanpa membedakan status sosial. Dalam organisasi sosial seperti ini dibutuhkan sikap saling bahu membahu demi terciptanya harmonisasi sebagaimana tatanan adat budaya Dalihan Natolu Batak Toba. Mari kita bergandengan dan rapatkan barisan,” tegas Henry Jhon Hutagalung.

Pdt Tony Hutagalung turut mengapresiasi kehadiran para anggota dan keluarga besar P2SRH Kota Medan, baik sejak awal hingga selesai tetap setia dan tertib tanpa mengurangi makna Natal.

“Meski cuaca agak gerimis tetapi tidak menjadi penghalang untuk datang beribadah. Ini benar-benar suatu kerinduan yang mendalam kita bersama setelah 2 tahun pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak kita,” katanya.

Sebelum perayaan Natal diawali prosesi dan penyampaian kata sambutan dilanjutkan menyalakan lilin diawali pengkhotbah Pdt Polin Sihombing, Ketua Umum P2SRH Kota Medan Henry Jhon Hutagalung, Ketua Panitia Natal atau mewakili anggota.

Votum dibawakan Pdt DR Tony Hutagalung, liturgi mewakili setiap sektor dan doa syafaat dipimpin Pdt Colman P Hutagalung dan dilanjutkan foto bersama, salam-salaman dan diakhiri makan bersama.

Meski demikian, turut hadir undangan utusan dari GKPI Pamen Padang Bulan, aparat kepolisian Polda Sumut sebelum dan sesudah acara bersama Babinsa mengawal ibadah guna terciptanya rasa nyaman perayaan Natal dalam sukacita dan hikmat. (JN-BTM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *