Jelang Mudik Lebaran 2024, Berikut Lima Tips Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman

JELAJAHNEWS.IDMudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia setiap jelang Lebaran. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) pun mengungkapkan bahwa jumlah pemudik Lebaran di tahun 2024 diprediksi menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Sebanyak 193,6 juta orang diprediksi akan mudik tahun ini, nilai tersebut setara dengan 71,7% rakyat Indonesia.

5 tips mudik Lebaran 2024

Jelang persiapan mudik lebaran 2024 ini, Tokopedia membagikan lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman, termasuk bagi pengguna kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

1.Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. 

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem. Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelakaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaraan yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas.

“Untuk membantu masyarakat dalam persiapan tersebut, Tokopedia menyediakan layanan Tokopedia Garage yang memberikan akses untuk mendapatkan berbagai perlengkapan dan perawatan mobil dan motor. Ada pula Layanan Jasa Pasang Otomotif dari Tokopedia sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh fasilitas pemasangan untuk berbagai produk otomotif, termasuk onderdil mobil dan motor, yang dibeli melalui platform Tokopedia,” ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz.

Untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat istirahat dalam mobil saat berhenti di rest area. “Jelang mudik Lebaran 2023 lalu, di Tokopedia penjualan kasur mobil melonjak lebih dari 4 kali lipat dibandingkan periode yang sama di awal tahun 2023,” ungkap Rizky.*

2.Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik. 

Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Di sisi lain, ada baiknya tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

“Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronik melalui fitur Top Up Uang Elektronik di Tokopedia kapan pun dan di mana pun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari aplikasi Tokopedia, ATM atau gerai retail terdekat,” saran Rizky.

“Kemudahan dari fitur Top Up Uang Elektronik tersebut disambut dengan sangat positif oleh pengguna. Menurut data internal Tokopedia, nilai transaksi pada fitur Top Up Uang Elektronik naik lebih dari 3 kali lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” jelas Rizky.*

3.Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat. 

Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila hewan peliharaan tersebut tidak dibawa pulang mudik. Misalnya, titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya. Pilihan lainnya, yaitu menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan, dan produk perawatan kepada orang yang akan merawat hewan peliharaan selama mudik.

“Masyarakat dapat dengan lebih mudah mendapatkan berbagai jenis produk perawatan hewan peliharaan, termasuk untuk kucing, anjing, burung hingga ikan, lewat Tokopedia. Ada juga deretan penawaran menarik yang bisa membuat belanja kebutuhan hewan peliharaan menjadi lebih hemat, mulai dari Bebas Ongkir hingga diskon sampai 70%,” ucap Rizky.

Rizky melalui Tokopedia pun melihat permintaan masyarakat terhadap produk perawatan hewan peliharaan juga terus naik, misalnya saat jelang mudik Lebaran 2023 lalu. “Penjualan pet feeder, dispenser makanan hewan peliharaan yang dapat diatur dengan smartphone, melonjak hampir 1,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023. Sedangkan produk litter box kucing mengalami kenaikan penjualan lebih dari 1,5 kali lipat,” jelas Rizky.

4.Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga.

Perjalanan mudik, baik yang dilakukan di darat maupun udara, membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan, kondisi kendaraan prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban.

“Tokopedia memiliki halaman khusus Tokopedia Farma untuk mempermudah masyarakat mendapatkan produk kesehatan, mulai dari multivitamin dan obat-obatan yang sudah terkurasi, untuk dibawa saat perjalanan mudik Lebaran 2024 mendatang,” ungkap Rizky.

Sementara itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci-kunci serep yang dapat ditemukan lewat Tokopedia Garage dan Home Living Salebration. Pastikan pula untuk membawa charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar pemudik bisa memanggil bantuan jika diperlukan.

5.Siapkan keperluan perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah. 

Untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang, siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah-buahan dan air minum.

“Sebelum mudik, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan makanan dan minuman, termasuk daging, sayuran, buah-buahan, dan masih banyak lagi, dengan lebih cepat melalui Tokopedia NOW!. Setiap pesanan lewat Tokopedia NOW! akan dilayani dan dikirim langsung oleh mitra kurir dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dikonfirmasi,” ungkap Rizky.

Selain itu, agar ibadah sholat bisa tepat dilakukan dengan optimal selama perjalanan mudik, pastikan pula membawa alat ibadah yang mudah untuk disimpan dalam mobil atau tas. “Tokopedia mencatat penjualan subkategori produk Perlengkapan Ibadah, termasuk mukena, sarung hingga sajadah, naik lebih dari 2,5 lipat jelang mudik Lebaran 2023 lalu jika dibandingkan dengan periode yang sama di awal tahun 2023,” tutup Rizky.(jn/**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *