Kunker ke Toba, Kapolda Sumut : Narkoba Musuh Utama

TOBAKapolda Sumatera Utara, Irjen Martuani Sormin silahturahmi dengan Forkopimda serta tokoh masyarakat Kabupaten Toba, Kamis (23/7/2020) malam.

Kapolda Sumut, Irjen Martuani Sormin mengatakan mendukung destinasi wisata di Danau Toba, dan berharap masyarakat Kabupaten Toba sebaliknya, mendukung program Polda Sumut.

Martuani menyebutkan, program pertama Polda Sumut adalah memerangi narkoba di Kabupaten Toba.

“Ini musuh pertama kita,” ujar Kapolda kepada tokoh masyarakat.

Tambah Kapolda, musuh kedua yakni perjudian togel.

Nomor tiga, lanjut Kapolda, masyarakat harus ikut memerangi penyakit HIV AIDS. “Di kampung kita ini sudah masuk.

“Saya bicara benar, meski itu pahit, jadi jangan biarkan anak-anak kita terlibat dalam musuh kita ini,” jelasnya.

Menurut dia, salah satu syarat destinasi wisata di Danau Toba adalah harus aman. “Salah satu syarat destinasi wisata adalah harus aman dan nyaman,” sebut Martuani.

“Terkait Pilkada 2020 di Kabupaten/Kota di Provinsi Sumut, Polda Sumut siap memberikan keamanan kepada masyarakat.

“Saya pastikan anggota saya netral dalam Pilkada nanti,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Toba Darwin Siagian mengucap terimakasih atas kehadiran Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin beserta rombongan ke Kabupaten Toba. Dia mengaku, situasi keamanan di kabupaten yang dipimpinnya dalam keadaan baik.

“Banyak masyarakat yang ingin datang menyambut langsung kehadiran Bapak disini, tapi mengingat pandemi Covid-19 saat ini terpaksa kita batasi,” kata Darwin.

Hal senada juga disampaikan Direktur utama BPODT, Arie Prasetyo bahwa perkembangan Danau Toba diharapkan menjadi salah satu super prioritas destinasi wisata di Indonesia.

“Bahkan, Geopark Kaldera Toba, disebutkan sudah sejajar dengan Geopark lainnya di dunia,” ujar Arie.

Sementara itu, perwakilan tokoh masyarakat Kabupaten Toba JMP Sitorus berharap perhatian dari Kapolda Sumut untuk memperhatikan Danau Toba. “Presiden telah memutuskan zona otorita Danau Toba. Kiranya program ini benar-benar berjalan dengan perhatian Kapolda dengan taat hukum,” katanya.

Kemudian, dia berharap agar Kapolda dapat menyikat habis kecurangan saat Pilkada 2020. Pasalnya, selama Pilkada yang sudah lewat banyak budaya di Kabupaten Toba dirusak oleh para calon pemimpin.

Dalam acara itu juga, tokoh masyarakat Kabupaten Toba memberikan ulos pargomgom (Diberkati Tuhan untuk memberikan kekuatan kepada pemimpin bangsa) kepada  Martuani Sormin dan Ny Risma Martuani.(red)