Frustasi Kena PHK? Yuk Coba Bisnis yang Bermodal Minim Ini

JAKARTAGelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terus terjadi meskipun aktivitas ekonomi sudah kembali dibuka pada tatanan baru atau era new normal.

Menurut data pengusaha, sedikitnya ada 6,4 juta karyawan yang di PHK dan 2,9 juta orang yang dirumahkan. Bagi korban PHK, ada sejumlah inspirasi usaha dengan modal bisnis yang bisa dicoba.

Untuk memulai suatu usaha, terkadang seseorang ragu karena terbentur dengan modal usaha yang cukup tinggi. Padahal ternyata modal atau uang bukan satu-satunya faktor keberhasilan bisnis yang dijalani.

Mengutip buku Untung Berlipat Modal 1 Juta karya Ivana Lestari, ada 2 jenis usaha yang bisa dicoba dengan modal sekitar Rp.1 juta. Pertama gerai minuman ringan, dan kedua, kios gado-gado.

Gerai Minuman Ringan

Dengan modal awal Rp.1 juta diperkirakan bisa balik modal dalam waktu sekira 2,5 bulan. Kemudian keuntungan yang didapat per bulannya sebesar Rp.500 ribu. Salah satu kunci suksesnya, yaitu kemasan minuman sachet dalam cup. Untuk jenis minuman tertentu diracik menggunakan shaker, tambahkan carian topping seperti keju atau chocho cips untuk memancing konsumen untuk membeli.

Segmentasi pasar dari penjualan itu adalah anak sekolah yang menyenangi minuman sachet yang enak, murah dan cepat saji. Dalam mengelola usaha ini juga tak perlu keahlian khusus karena cara penyajiannya yang sangat mudah, cukup diberi air dan dishake.

Kios Lotek, Gado-Gado, dan Ketupat Tahu

Modal awal untuk memulai usaha ini diperkirakan Rp.1,8 juta, dengan estimasi perkiraan balik modal kurang lebih dalam satu bulan. Sedangkan keuntungan per bulannya bisa mencapai Rp.2,2 juta. Meski terlihat mudah, kunci sukses untuk memulai bisnis ini adalah sayuran yang benar-benar segar. Daunnya masih berwarna segar dan belum layu. Selain itu, perbanyak cemilan berupa goreng-gorengan sebagai pelengkap menu karena keuntungan diperoleh dari sana. (okz)