Wali Kota Sidempuan Hadiri Panen Bawang Merah di Desa Baruas

JELAJAHNEWS.ID – Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution menghadiri panen bawang merah Desa Baruas, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Minggu (4/9/2022).

Kegiatan ini dalam rangka peningkatan ketahanan pangan nasional. Olehnya, masyarakat Desa Baruas memanen bawang merah di lahan 900 meter persegi atau 15 bedengan, estimasi hasil panen 1 Ton bawang merah.

Irsan menyebut, untuk menjaga ketahanan pangan dan memenuhi kebutuhan bawang merah di Kota Padang Sidempuan, diperlukan 55 ton setiap bulan, dimana telah mampu memenuhi kebutuhan bawang merah.

“Sebagai epicentrum pusat perbelanjaan di Tabagsel, Padang Sidempuan memiliki pangsa pasar yang cukup besar dan prospek yang bagus pada komoditas bawang merah ini, untuk itu kita harus pastikan stok komoditi bawang merah harus tersedia dengan pertanaman berkelanjutan,” kata Irsan.

Irsan mengatakan perlu kerja keras dan kolaborasi dengan seluruh pihak, baik Dinas Pertanian, Pemerintah Desa, penyuluh dan Brigade Alsintan. Tentunya, lanjut Irsan, petani untuk bersama meningkatkan produksi bawang merah di Kota Padang Sidempuan.

“Komitmen untuk melakukan pertanaman serentak dengan mengusung ‘September Menanam’ tanaman holtikultura, baik itu cabai merah, bawang merah, cabai rawit disetiap desa,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Irsan berpesan agar Dinas Pertanian mampu melahirkan petani-petani yang unggul.

“Saat ini juga telah kita mulai di Dinas Pertanian untuk memulai sekolah lapangan, dimana petani pemula akan dilatih dan praktik langsung dilahan pertanian mulai dari pembibitan hingga panen,” ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kadis Pertanian, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kominfo, Kadis Perdagangan, Kabag Perekonomian, Ketua Apdesi, Ketua PWI, dan para Kepala Desa di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua. (JN-Irul).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *