Wabup Tapsel Hadiri HANI 2020 Secara Vidcon Bersama Forkopimda

TAPSEL Wakil Bupati (Wabup) Tapanuli Selatan (Tapsel), H. Aswin Efendi Siregar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) mengikuti Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) Tahun 2020 di Kantor BNNK Tapsel, Jum’at (26/6/2020).

Peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) tahun 2020 kali ini diselenggarakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana Peringatan HANI 2020 kali ini digelar secara video conference, mengingat adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Adapun tema HANI 2020, yakni ‘Hidup 100 % Di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif, dan Bahagia Tanpa Narkoba’. Peringatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin. Dalam sambutan, Ma’ruf Amin menyampaikan, bahwa kita semua diperhadapkan pada musuh bersama Covid-19 dan Narkotika.

“Program aksi pencegahaan penyalahgunaan narkotika dalam melanjutkan program pemberantasan narkotika, agar seluruh pemangku kebijakan untuk melakukan aksi nasional. Narkotika adalah kejahatan luar biasa jadi penanganannnya dibutuhkan aksi luar biasa,” jelas Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan ini, Ma’ruf Amin juga melaunching Portal aduan Narkoba BNN One stop service dan meresmikan program hidup 100%.

Selesai vidcon, Wabup Tapsel, H. Aswin Efendi Siregar menyampaikan, peringatan HANI merupakan wujud keprihatinan sekaligus kepedulian terhadap ancaman narkoba. Seperti kita ketahui bersama, keberadaan BNNK Tapsel selalu eksis dalam memberikan hal yang positif terutama dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat akan bahayanya penyalahgunaan narkoba.

“Untuk itu saya berharap agar penanggulangan narkoba dapat dilakukan secara konsisten, berkisinambungan, dan bersinergi dengan pemangku kepentingan begitu juga dengan masyarakat agar peredaran narkoba dapat musnah di bumi Tapanuli Selatan, dan khususnya di Tabagsel,” harap Aswin.

Lebih lanjut ia juga mengharapkan kepada BNNK Tapsel agar kiranya mempunyai Rumah Sakit Rehabilitasi untuk penyalahgunaan narkoba. Dan menurutnya, di Tapsel sendiri ada lahan yang cocok untuk dapat dibangun Rumah Sakit tersebut, seperti di Simago-mago dan Aek Latong.

“Sehingga kita di Tabagsel ini tidak jauh lagi untuk melakukan rehabilitasi. Karena selama ini untuk melakukan rehabilitasi kepada penyalahgunaan narkoba harus dibawa ke Kabupaten Deliserdang, terang Aswin.

Sedangkan untuk program desa bersinar, tambah Aswin, agar kiranya dapat ditampung di APBDes melalui anggaran dana desa.

“Sehingga program tersebut dapat dipergunakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat yang ada di desa-desa agar desa tersebut bersih dari narkoba,” kata Aswin.

Turut hadir pada vidcon tersebut, Ketua DPRD Tapsel, Husin Sogot Simatupang, Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH S.I.K, Kajari Tapsel, Ardian SH, Ketua PN Padangsidimpuan, Lucas Sahabat Duha SH MH, Ka. BNNK Tapsel, AKBP Dra. Siti Aminah Siregar, Kasdim 0212/TS, Mayor Inf. Dedi Iskandar, dan Kaban Kesbangpol Pemkab Tapsel, Hamdy S Pulungan. (Irul Daulay)