Upacara HDKD ke-77 di Rutan Tanjung Pura Diwarnai Bagi Hadiah

JELAJAHNEWS.ID – Rutan Kelas IIB Tanjung Pura, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Sumatera Utara menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 tahun di Lapangan Blok Hunian, Jumat (19/8/2022).

Karutan Tanjung Pura Rian Firmansyah melalui Ka KPR Ronny S Hutapea menjadi inspektur upacara yang dihadiri seluruh pejabat struktural, pegawai dan perwakilan warga binaan.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM yang dibacakan Ronny S Hutapea dihadapan seluruh insan pengayoman menyampaikan bahwa ukuran keberhasilan institusi Kemenkumham bukan lagi sekedar memperoleh penghargaan dan seremonial belaka, tetapi terpenting adalah memperoleh kepercayaan publik ‘public trust’ dan memperoleh legitimasi ‘legitimacy’ masyarakat.

Dalam upacara di tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan BerAKHLAK.

Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) merupakan peringatan Hari Ulang Tahun Kemenkumham RI yang awalnya diperingati setiap tanggal 30 Oktober bersama dengan perayaan Hari Kehakiman RI.

Selanjutnya melalui Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-2.OT.01.03 Tahun 2021 ditetapkan sebagai Hari Lahir Kemenkumham dan diperingati setiap tanggal 19 Agustus.

“Penetapan ini dilakukan berdasarkan kajian, penelusuran sejarah dan pengumpulan bukti-bukti autentik, serta wawancara beberapa pakar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Ronny S Hutapea.

“Kita sebagai insan pengayoman harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Harus berusaha sebaik mungkin sesuai dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab yang diberikan harus melaksanakan sebaik-baiknya,” kata Ronny menguraikan pesan Menteri Kemenkumham RI Yasonna H. Laoly.

Terpenting, lanjut Ronny adalah memperoleh kepercayaan publik dan legitimasi masyarakat, ditandai dengan meningkatnya pemberitaan positif dan menurunnya publik complaints.

Usai upacara dilanjutkan pembagian hadiah kepada warga binaan karena telah berhasil memenangkan perlombaan dalam rangka peringatan Hari Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan HAM RI Tahun 2022.

Rangkaian kegiatan peringatan HDKD ke-77 tahun di Rutan Tanjung Pura di akhiri dengan pemotongan tumpeng di Pendopo Rutan Tanjung Pura oleh Plh Karutan bersama segenap jajaran. (JN-PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *