Soal Lomba Desa atau Kelurahan, Wali Kota Ingin Kesetaraan Gender Dirasakan Masyarakat

JELAJAHNEWS.ID – Pelaksanaan Lomba Desa atau Kelurahan 10 program pokok PKK 5 kategori dimonitor oleh TP PKK Sumatera Utara (Sumut) hari ini, di Aula MAN II Padang Sidempuan, Rabu (31/8/2022).

Ada 4 Desa atau Kelurahan binaan Kota Padang Sidempuan, yaitu Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru kategori IVA TEST, Desa Aek Najaji Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua kategori UP2K PKK.

Selanjutnya, Kecamatan Padang Sidempuan Selatan Kelurahan Padangmatinggi kategori tertib administrasi, dan Kecamatan Padang Sidempuan Utara Kelurahan Wek IV PAAREDI.

Kategori Desa atau Kelurahan itu ditentukan dengan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota Padang Sidempuan Nomor 60/KPTS/2022.

“Hari ini akan dimonitoring oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut di 4 Desa/Kelurahan binaan dengan kategori IVA Test, Up2k PKK, Tertib Administrasi dan Paaredi,” kata Kabid Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga, Ny Masroini mewakili Ketua TP PKK Padang Sidempuan.

Ny Masroini berharap dengan adanya program pembinaan Desa/Kelurahan PKK di Kota Padang Sidempuan dapat meningkatkan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution mengharapkan kiranya TP PKK Provsu dapat merasa nyaman dalam melaksanakan tugas monitoring di Kota Padang Sidempuan, sehingga dapat menambah wawasan masyarakat dalam pelaksanaan proses pembangunan yang berpedoman 10 program PKK.

“Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK merupakan upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, serta keadilan kesetaraan gender,” ujarnya.

Terkait dengan kesetaraan gender di Kota Padang Sidempuan, pihaknya bisa buktikan dengan 2 Camat di Padang Sidempuan adalah perempuan, OPD ada 5 kepala OPD juga perempuan.

“Kami ingin kesetaraan gender di Kota Padang Sidempuan dapat dirasakan oleh masyarakat dan itu merupakan salah satu komitmen kami,” ucapnya.

Sementara, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis dalam sambutannya dibacakan M Nirman Subkhan Nasution mengapresiasi TP PKK Padang Sidempuan telah mengikuti lomba 5 kategori. Menurutnya TP PKK Padang Sidempuan dapat serius mengikuti lomba 5 kategori itu.

Menurutnya, perkembangan kegiatan PKK telah mengalami berbagai perubahan sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 dan Nomor 36 Tahun 2020 serta hasil rakernas di Jakarta.

“Tentunya banyak hal yang harus kita sikapi serta tindaklanjuti terkait bidang kelembagaan administrasi dan 10 program pokok PKK. Juga berbagai jenis program dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK,” katanya. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *