Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon 123/Rajawali Terima Pembekalan

P.SIDIMPUANSatgas Pamtas Darat RI-PNG Yonif 123/Rajawali menerima Pembekalan dari Kantor Bea dan Cukai Sibolga, di Aula O.S. Rajagukguk Mako Yonif 123/Rajawali, Kota Padangsidimpuan, Kamis (25/2/2021).

Irwan selaku narasumber pembekalan dari Bea dan Cukai TMP C Sibolga mengatakan Bea Cukai sebagai salah satu instansi yang bertugas di Pos Lintas Batas Negara harus bersinergi dengan TNI untuk menjaga dan memelihara keamanan di Perbatasan guna mengantisipasi barang yang masuk dan keluar.

Irwan menjelaskan tugas Bea Cukai memeriksa barang bawaan pelintas batas di PLBN, dan patroli rutin perbatasan bersama instansi terkait bersama TNI.

“Kami berharap, sinergi ini dapat membangun situasi yang kondusif di perbatasan,” ujar Irwan.

Selain itu, Irwan juga menjelaskan peran penting sinergi antara Satgas TNI dan petugas Bea dan Cukai di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan untuk mendapatkan pembebasan bea masuk dan pajak.

“Setiap pelintas batas yang membawa barang impor wajib memiliki Kartu Identitas Lintas Batas (KLIB),” papar Irwan dalam pembekalan yang digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes).

Sementara itu, Wadan Yonif 123/RW Mayor Inf Alex D. Surbakti dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka menunjang Tugas Perbatasan RI-PNG Prajurit Yonif 123/RW harus dapat memahami tugas dan membangun sinergi antar instansi termasuk dari Bea dan Cukai.

“Hal ini di karenakan prajurit Yonif 123/RW akan melaksanakan tugas di batas Negara yang tentunya akan berhadapan dengan PLBN.

Terlihat antusias prajurit dari interaksi tanya jawab yang di lontarkan oleh Prajurit Yonif 123/Rajawali kepada Narasumber.

Di akhir kegiatan Wadan Yonif 123/RW memberikan Cinderamata kepada Irwan selaku narasumber dari KPPBC Sibolga.(Irul Daulay)