Melintas di Sergai, Bupati Sambut Petani Menuntut Keadilan

MEDAN – Sebagai bentuk kepedulian terhadap perjuangan petani menuntut keadilan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H Soekirman menyediakan tempat menginap dan memberikan bantuan logistik bagi para petani yang tergabung dalam gerakan jalan kaki (long march) menuju Istana Presiden di Jakarta.

Petani yang berasal dari Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Petani Mencirim Bersatu (SPMB) yang berjumlah lebih kurang 170 orang ini diterima untuk menginap di Posko Gugus Tugas, Rumah Dinas Bupati, di Sei Rampah, Jumat malam sampai dengan hari Sabtu (26-27/6/2020) sebelum melanjutkan aksi long march-nya.

Bupati Sergai, lewat sambutannya via video call menyampaikan, jika kepeduliannya ini semata-mata karena semangat kemanusiaan. “Para petani adalah saudara-saudara kita yang berasal dari Kabupaten/Kota tetangga yaitu Medan dan Deli Serdang. Bantuan ini diniatkan untuk menambah dorongan semangat bagi perjuangan para petani ini.”ujar Bupati.

Soekirman mendoakan perjuangan para petani diridhoi Allah SWT dan dapat menggugah Pemerintah Pusat khususnya Presiden Joko Widodo dan Kementerian terkait, agar dapat memberikan solusi untuk penyelesaian konflik agraria yang berlarut-larut tersebut guna mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Saya telah memerintahkan Tim Kesehatan Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sergai untuk tetap mengedepankan tindakan pencegahan penularan Covid-19 dengan melakukan prosedur pengecekan suhu tubuh para petani, membagikan masker dan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan ke tubuh dan kendaraan rombongan,” kata Soekirman.

Selanjutnya, Bupati menitip pesan kepada para petani untuk menjaga kesehatan, tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan.

“Jika ada kendala diperjalanan, silahkan singgah di Kantor Polres maupun Kantor Bupati/Walikota yang dilewati, Insya Allah saya akan membantu dengan berkoordinasi dengan pimpinan daerah setempat melalui jalur Asosiasi Kepala Daerah se-Indonesia, guna mendukung perjuangan petani sekalian,” pungkasnya.

Sementara itu Dewan Pembina Gerakan SPSB dan SPMB, Aris Wiyono, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah menyediakan tempat menginap dan bermalam serta memberikan bantuan logistik lainnya.

“Kami mengapresiasi inisiatif dari Bupati Sergai Ir. H. Soekirman serta anggota DPRD Sumut yang peduli atas perjuangan kami, meski tidak bisa bertatap muka langsung,” ungkapnya.

Namun yang terpenting di sini, kata Aris, adalah sisi kemanusian dan rasa empati kepada petani dan rakyat kecil. Ia menyebut semoga perjuangan kelompok SPSB dan SPMB dapat menjadi perhatian pemerintah daerah (Pemda) lain maupun pihak swasta yang daerahnya dilintasi dalam perjalanan menuju Jakarta.

Turut hadir dalam kegiatan ini koordinator Lapangan Sulaeman beserta ratusan petani, Koordinator Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Sumut Hawari, SH, Pengurus Serikat Petani Serdang Bedagai (SPSB), unsur TNI/Polri, serta Tim Kesehatan Posko Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sergai.(Jai)