Mahasiswa USK Aceh Tawuran, Fasilitas Kampus Rusak

JELAJAHNEWS.ID – Dua Fakultas Universitas Syiah Kuala (USK) Aceh tawuran. Keduanya Fakultas Teknik dan Fakultas Pertanian. Akibat tawuran tiga orang terluka dan sejumlah fasilitas rusak.

Sementara tiga mahasiswa yang terluka tersebut sudah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Adapun fasilitas yang rusak adalah gedung sekretariat BEM Pertanian mengalami pecah kaca, pagar belakang Fakultas Pertanian dan tiga sepeda motor rusak.

“Tawuran tersebut terjadi tadi malam dan menyebabkan kerusakan bangunan dan melukai beberapa mahasiswa,” kata Kasat Reskrim Polresta Banda Aceh Kompol Fadilah Aditya Pratama, Kamis (13/10/2022).

Fadilah mengatakan, tawuran antar mahasiswa tersebut diduga dipicu kesalahpahaman antara seorang mahasiswa Pertanian yang terjadi sekitar sebulan lalu.

Kesalahpahaman itu berkaitan dengan kutipan sastra bertemakan “Buku Cinta dan Pesta”. Tema itu dibahas ketika temu ramah mahasiswa baru angkatan 2022 yang di selenggarakan oleh BEM Pertanian USK.

Mahasiswa Fakultas Teknik mengklaim hak cipta Buku Cinta dan Pesta ada pada mereka. Mahasiswa Teknik disebut meminta Fakultas Pertanian mengklarifikasi dan meminta maaf pada Fakultas Teknik.

Pihak Fakultas Pertanian disebut tidak terima tindakan itu dan menganggap sebagai bentuk pelecehan personal yang menciderai citra fakultas. Persoalan itu kemudian dilaporkan ke Biro USK dengan tujuan agar kesalahpahaman dapat dimediasi pihak universitas.

Menurut Fadilah, pihak biro mengatakan kejadian penyiraman oil terhadap mahasiswa baru adalah hal yang lazim dan tradisi dari Fakultas Teknik. Fadilah menjelaskan, polisi masih menyelidiki kronologi tawuran itu pecah.

“Untuk tindak lanjut mengetahui terduga para pelaku, tentunya dalam proses penyelidikan pihak Polresta Banda Aceh,” jelas Fadilah. (JN-DC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *