Kerjasama PT MNA, SMKN 1 Air Putih Buka Kelas Industri

JELAJAHNEWS.ID – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Air Putih, Kabupaten Batu Bara akan membuka program Link and Macth untuk kelas industri di sekolah tersebut.

Program kelas industri di SMK ini langsung dibawah binaan PT Multimas Nabati Asahan (MNA) untuk kompetisi keahlian Kimia Industri.

Kelas Industri ini tahapannya akan dimulai dari sinkron kurikulum, pendampingan guru BK/BP, magang industri untuk guru produktif, TOT dan training siswa dan siswi. Sedangkan training siswa dan siswi akan menggunakan guru pembimbing dari PT MNA.

Selanjutnya disaat nantinya menghadapi rekrutmen tenaga kerja, pembekalan psikotes dan pembekalan wawancara juga akan menggunakan pembimbing dari PT MNA.

“Dalam kelas industri ini nantinya akan dilaksanakan tahapan mulai dari sinkron kurikulum, pendampingan guru BK/BP, magang industri untuk guru produktif dan TOT, training siswa dan siswi dengan menggunakan guru pembimbing dari PT MNA,” kata Kepala SMK Negeri 1 Air Putih Sulistyo saat audensi dengan PT MNA menindak lanjuti kerjasama program Link and Macth di Sania Cafe, Rabu (31/8/2022).

Pertemuan yang berlangsung selama dua jam itu kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan untuk membuka program kelas industri di SMK Negeri 1 Air Putih.

Lanjut Sulistyo, didalam dunia pendidikan yang dimaksud Link and Matcha dalah menghubungkan dunia pendidikan vokasi dengan dunia industri kerja. Untuk itu dengan sendirinya akan terbangun relevansi atau keseimbangan antara penempuh dunia pendidikan vokasi dengan dunia industri yang akan memerlukan tenaga kerja berdasarkan keahlian para siswa/siswi.

Kesempatan yang telah diberikan ini, kata Sulistyo, secepatnya akan segera di implementasikan dalam menunjang mutu serta kwalitas pendidikan siswa/siswi yang merupakan 100 persen berasal dari Kabupaten Batu Bara dan juga terhadap para tenaga pendidikan.

“Atas nama keluarga besar SMK Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batu Bara, tak lupa kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada managemen PT MNA atas kerjasama yang sudah terjalin dengan baik dalam bentuk kepedulian yang nyata untuk memajukan dunia pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Personalia PT MNA Agus Sunyoto menyampaikan, pihaknya sangat setuju dengan kerjasama tentang membuka program kelas industri ini. Karena program ini adalah merupakan bagian dari tindak lanjut dari kesepakatan Link and Match antara pihak industri dengan SMK Negeri 1 Air Putih.

“Jika pihak perusahaan PT MNA kedepan membutuhkan tenaga kerja, dalam perekrutan calon tenaga kerja nantinya tidak akan merasa sulit lagi melakukan seleksi penerimaan. Dalam mekanisme pelaksanaan program kelas industri ini nanti juga dapat dilakukan diruang kelas SMK Negeri 1 Air Putih, atau di lokasi training dan lokasi kerja PT MNA, disesuaikan dengan divisi terkait materi yang berlansung,” ujar Agus Sunyoto.

Turut hadir, selain Kepala SMK Negeri 1 Air Putih Sulistyo, Manager Personalia PT MNA Agus Sunyoto juga hadir Wakasek Hubin Hendra Roberto Siregar, Wakasek Humas H Sahril, Monika, Lasma Fitriwanti Purba, Sapta Andika dan Humas PT MNA Aria Pangestu dan Rasyid. (JN-Joko).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *