Kerap Banjir, Pemko Padangsidimpuan Diminta Benahi Drainase Air

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Kondisi hujan kerap membuat banjir dan menggenangi lokasi Jalan Teuku Umar, Lingkungan ll, Kelurahan Wek V Siborang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Pasalnya tumpukan sampah di drainase tak kunjung dibenahi.

Merespon kondisi tersebut, Tokoh Pemuda Kota padangsidimpaun, Pebriano Dasopang menyayangkan sikap Pemko Padangsidimpuan yang membiarkan kondisi tersebut.

Pebriano mengatakan genangan air yang meluap hingga menggenangi ruas jalan, disebabkan saluran pembuangan air yang tersumbat akibat tumpukan kotoran sampah plastik yang tak kunjung dibersihkan.

“Seharusnya dibersihkan dong sampahnya, gimana tidak banjir? saluran pembuangannya tersumbat,” ujar Pebriano, Kamis (20/5/2021).

Menurutnya, Pemko seharusnya mengedukasi lapisan masyarakat dan menggerakkan seluruh petugas kebersihan untuk membersihkan setiap drainase tempat pembuangan air yang ada di Pasar Kota Padangsidimpuan, maupun selokan rumah warga sekitar.

Setiap drainase, sebut Pebriano ,di kawasan rawan banjir harus tetap bersih dan bebas dari halangan sampah, sehingga tak ada genangan air, bahkan menyebabkan bau tak sedap.

“Kebersihan selokan dan parit merupakan hal terpenting, agar air hujan tak tergenang lama dan tak mengeluarkan bau busuk,” tandasnya.

Seperti diketahui, setiap sekali dalam seminggu pembersih jalan melakukan penyemprotan ke lobang selokan menggunakan semprotan armada bus pemadam untuk membersihkan selokan agar genangan air lancar.

“Air yang tergenang dipastikan salurannya tidak tersumbat sehingga, apabila diguyur hujan, parit cepat surut sehingga mengurangi kebanjiran

Ia berharap, Pemko melakukan survei kembali, dan melihat kerusakan beberapa parit atau penutup parit yang rusak, dan melakukan pengerokan parit akibat timbunan tanah maupun pasir.

“Pemko dan seluruh lapisan masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan,” tutupnya. (Irul Daulay)