oleh

Kalapas Salambue Hadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila

JELAJAHNEWS.ID – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Salambue Padang Sidempuan, Indra Kesuma mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila (G/30/S/PKI) di Stadion HM Nurdin Nasution, Padang Sidempuan, Sabtu (1/10/2022).

Hari Kesaktian Pancasila salah satu hari bersejarah dimana saat itu terjadi suatu peristiwa yang berujung pada penculikan dan gugurnya tujuh putera terbaik bangsa pada tahun 1965.

“Mari bersama kita merenung sejenak tentang apa yang terjadi dimasa lalu, hendaknya semua kejadian itu menjadi cambuk sebagai pemicu semangat dalam bekerja dalam mengisi pembangunan Bangsa,” ajak Indra Kesuma usai upacara Peringatan hari Kesaktian Pancasila.

Sebagai generasi penerus, lanjut Indra, patut menghargai pengorbanan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekaan itu.

Sebelumnya, dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Arwin Siregar menjadi inspektur upacara dan bertindak selaku komandan upacara, Letda Inf Karya Ganda Rambe.

Selanjutnya pembacaan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila 2022 oleh Kapolres Padang Sidempuan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo.

“IKRAR, Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara; Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Upacara ini dilaksanakan berdasarkan surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor:59868/MPK.F/TU02.03/2022 tanggal 17 September 2022 tekait penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 dengan mengusung tema ‘Bangkit Bergerak Bersama Pancasila’.

Hadir dalam upacara Kasdim 0212/TS, Wakil Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Agama, Sekda dan Dansubdenpom 1/2-3 Padang Sidempuan. (JN-Irul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *