SPRI Kota Medan Gandeng BBPVP Sukseskan SKW LSP Pers Indonesia Lisensi BNSP

JELAJAHNEWS.ID – Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pers Republik Indonesia (DPC SPRI) Kota Medan sukses melaksanakan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pers Indonesia lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Angkatan I di Provinsi Sumatera Utara.

Pelaksanaan SKW resmi dibuka di Gedung Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BBPVP) Medan, Kamis (29/9/2022).

Selanjutnya dilakukan asesmen kepada seluruh asesi di ruang kelas BBPVP Medan yang dipersiapkan panitia, Jumat (30/9/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Ketua panitia pelaksana TUK Medan, Dinatal Lumbantobing mengatakan pelaksanaan SKW ini sebagai TUK Medan menggandeng BBPVP Medan dibawah naunggan Kementerian Tenaga Kerja RI.

SKW pada tingkat wartawan Muda Reporter, wartawan Madya dan wartawan Utama berasal dari Wartawan, Redaktur, Wapemred serta Pimpinan Redaksi dari beberapa media di Sumatera Utara berjalan dengan lancar.

“Pelaksanaan SKW selama dua hari terlihat para peserta sangat antusias dan sabar menunggu giliran untuk di asesmen oleh asesor walaupun hingga malam hari,” kata Ketua Panitia TUK Dinatal Lumbantobing yang juga Ketua DPC SPRI Kota Medan.

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) LSP Pers Indonesia yang juga Asesor lisensi BNSP Edy Anwar Asfar menyampaikan rasa bangga dan puas dengan pelaksanaan SKW di Kota Medan.

“Saya bangga dan puas sebagai asesor perdana di Sumut,” kata Edy Anwar Asfar.

Dikatakan Edy, ini merupakan Sertifikasi Profesi Wartawan (SKW) pertama kali di Sumatera Utara dan sebagai angkatan pertama khususnya di Kota Medan yang di akui oleh Negara melalui LSP Pers Indonesia.

“Baru kali ini saya dalam melaksanakan asesmen salah seorang asesi untuk tingkat Utama memberikan nilai sangat memuaskan dan beliau akan di promosikan untuk calon asesor di Sumut,” kata Edy Anwar Asfar.

Edy Anwar Asfar berharap agar Sumatera Utara memiliki asesor agar tidak lagi harus mendatangkan asesor dari Jakarta.

Pelaksanaan SKW di Kota Medan yang dilaksanakan panitia dari DPC SPRI Kota Medan segera membuka pendaftaran baru untuk gelombang/anggkatan ke dua karena wartawan di Medan punya potensi untuk melaksanakan SKW,” ujar Ketua panitia TUK.

Kepala BBPVP Medan, Adri Susila diwakili Ketua LSP 1 BBPVP Heri Prasetio mengatakan adanya LSP Pers Indonesia lisensi BNSP yang perdana di Indonesia terkhusus di Kota Medan membuka peluang besar bagi wartawan untuk melaksanakan sertifikasi profesi.

Selesai acara para asesi SKW merasa gembira dan acara ditutup dengan sesi foto bersama bersama Ketua LSP 1 BBPVP Medan dan Sekretaris LSP Pers Indonesia. (JN-BTM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *