Ini Ide Menu Sarapan Sehat Untuk Si Buah Hati di Era New Normal

RAGAM Mengingat dalam kondisi saat ini yang sudah memasuki era new normal, tentu buah hati kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi.

Dan untuk memenuhi asupan gizi si buah hati, tentu kita harus memutar otak untuk mencari ide-ide menarik dalam menyajikan santapan. Dengan menikmati sarapan dan makan-makanan sehat, sistem imunitas anak akan meningkat sehingga akan terhindar dari virus corona saat kembali masuk sekolah.

Nah, mau tau ide menu sarapan sehat apa saja yang bisa kita sajikan untuk anak-anak kita dirumah, mari kita ulas berikut ini.

1. Nasi Goreng

Sarapan untuk anak sebelum berangkat ke sekolah sebaiknya pilih yang praktis. Nasi goreng bisa menjadi pilihan makanan yang lengkap gizi. Terlebih nasi goreng juga bisa diolah dengan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan garam. Jenis proteinnya juga bisa disesuaikan dengan lauk yang ada di rumah, seperti telur, udang, suwiran ayam, olahan daging, hingga bakso.

2. Sandwich

Ingin membuat sarapan praktis tapi bergizi? Cobalah membuat sandwich yang dibuat dengan isian telur dan daun selada. Agar lebih mengenyangkan dan tinggi serat, kita juga bisa mengganti roti putih dengan roti gandum.

3. Omelet

Telur tentu menjadi salah satu bahan yang mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau. Bosan menikmati telur dengan cara didadar, mungkin kita bisa mencoba cara lain untuk menyajikan telur dengan campuran kentang dengan bawang bombay dan margarin.

Cara membuat omelet dengan campuran kentang bisa diolah dengan cara mengukus kentang hingga lunak dan menumisnya dengan bawang bombay. Lalu kocok telur masak dengan api kecil hingga matang. Dengan sarapan omelet ini, anak-anak kita tak perlu lagi konsumsi nasi karena sudah terpenuhi karbohidratnya dari kentang.

4. Tumis Kangkung

Kangkung paling enak diolah dengan cara ditumis. Cukup siapkan bawang putih, jahe, bawang merah, terasi goreng, ebi, saus tiram, gula pasir, merica bubuk hingga kaldu bubuk. Jika sudah pasti kapan buah hati kembali masuk sekolah, kita bisa coba menyiapkan tumis kangkung.

5. Bobor Bayam

Sayur bayam menjadi salah satu hidangan sehat dan cocok disantap untuk sarapan. Dalam 100 gram bayam hijau mengandung energi sebesar 16Kkal, protein 0,9 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 2,9 gr, kalsium 166 mg, serat 0,7 gr, zat besi 3,5 mg dan 41 mg vitamin C. Saat membuat bobor bayam, kita bisa mencampurkannya dengan potongan labu siam, tempe, serta jagung manis. (dtc)