Berkunjung Ke Asahan, Yuk Kunjungi Tempat-tempat Ini

JELAJAHNEWS.ID, ASAHAN – Kabupaten Asahan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Namun, siapa sangka jika di Kabupaten Asahan ternyata ada surga dunia tersembunyi yang belum banyak diketahui orang.

Terlebih, Kabupaten Asahan juga menyimpan banyak sejarah karena menjadi salah satu saksi bisu perjalanan Sultan Iskandar Muda. Itulah mengapa, sangat disayangkan jika kita mampir ke Kabupaten Asahan namun tidak mendatangi objek wisata yang dimilikinya.

Saat ini, banyak pecinta wisata yang mencari keindahan alam yang belum sering dijamah oleh manusia. Kabupaten Asahan menjadi tempat yang sangat pas untuk para pecinta alam. Bagi yang belum tahu surga dunia yang tersembunyi di Kabupaten Asahan, berikut kita ulas beberapa objek wisata yang terdapat di Kabupaten Asahan.

Air Terjun Ponot

Air terjun Ponot merupakan air terjun yang terletak di Kisaran, Ibu Kota Kabupaten Asahan. Air terjun Ponot sangat indah dan eksotis dengan ketinggiannya yang mencapai 250 meter. Media terjunnya air yang bebas melewati tebing menambah nilai estetik tersendiri terhadap air terjun Ponot. Bagi pecinta air terjun, air terjun Ponot wajib dikunjungi.

Untuk mencapai air terjun Ponot, kita harus berjalan kurang lebih 500 meter. Namun semuanya akan terbayar dengan keindahannya. Sepanjang perjalanan menuju air terjun pun, kita akan dimanja dengan pemandangan alam khas hutan tropis dengan aroma khas tanah dan hutan.

Pansur Napitu

Pansur Napitu merupakan pemandian alam yang sempat populer dengan umbul-umbulnya. Seperti halnya mandi di bath up yang biasa digunakan oleh masyarakat perkotaan, Pancur Napitu berfungsi sebagai pelepas penat dengan areanya yang enak untuk berendam.

Air Pansur Napitu yang dingin menyejukkan membuat orang enggan beranjak dari sana. Air jernih yang seakan tak pernah kering di Pansur Napitu sangat eksotis karena warna hijau alaminya. Untuk pecandu wisata alam yang ingin berendam sambil membuang jauh stress yang membebani jiwa, Pansur Napitu siap meladeni.

Arung Jeram Sungai Asahan

Bagi pecandu wisata ekstrim, tentu arung jeram sudah tak asing lagi di telinga. Maka sangat disayangkan bila tidak mampir ke Arung Jeram Sungai Asahan. Apalagi Arung Jeram Sungai Asahan pernah disebut menjadi Arung Jeram terbaik di dunia.

Para pecandu wisata yang ingin berteriak untuk melepaskan emosinya, maka sangat cocok mengunjungi Arung Jeram Asahan. Kegiatan arung jeram yang cukup memacu hormon adrenalin menjadi sarana liburan yang menyenangkan setelah suntuk bekerja. Arung jeram Sungai Asahan juga memiliki tempat yang aman disertai dengan peralatan Arung Jeram yang sudah memadai.

Museum Asahan

Museum Asahan merupakan museum bersejarah yang menjadi saksi perlawanan rakyat Sumatera Utara terhadap kolonial Belanda. Wisatawan yang menyukai sejarah sudah tentu wajib mengunjungi museum ini. Selain tempatnya yang bersejarah, Museum Asahan juga menjadi tempat belajar kesenian daerah dan kebudayaan masyarakat Asahan.

Museum ini menjadi bangunan cagar budaya yang dilindungi pemerintah. Kita dapat belajar alat musik daerah Asahan, adat istiadat, bahasa, maupun kebudayaan lain yang ada di Asahan. Jadi, bagi para wisatawan sangat disayangkan jika tidak mengunjungi Museum Asahan.

Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran

Wisatawan muslim sangat direkomendasikan untuk mampir ke Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran. Masjid ini berdiri kokoh dengan dikelilingi pohon yang membuatnya tetap asri. Arsitektur masjid yang merupakan perpaduan antara gaya bangunan modern dengan bangunan masyarakat khas Asahan membuat masjid ini nyaman untuk beribadah.

Para pengunjung masjid juga akan dimanjakan dengan bangunan di halaman masjid yang enak untuk bersantai. Bagi wisatawan muslim, ibadah akan terasa lebih khusyuk dan tidak tergesa-gesa bila dilakukan di Masjid Ahmad Bakrie Kisaran yang bersejarah dan indah ini. Bagi wisatawan yang membawa anak juga akan merasa lebih aman beribadah di masjid ini.

Ragil Waterboom Kisaran

Waterboom kedengarannya memang seakan bukan wisata alam. Namun, waterboom yang ada di Kisaran ini berada di tengah-tengah alam yang membuat siapa saja merasa dimanjakan oleh Alam. Sentuhan tangan manusia dalam membuat wahana di tengah Alam membuat para pelancong merasa aman bermain air di sini.

Selain letaknya yang strategis, Ragil Waterboom Kisaran juga cocok dikunjungi terutama bagi pelancong yang membawa anak kecil. Wahana permainan anak kecil yang ada di Ragil Waterboom Kisaran dapat melatih anak untuk lebih berani pada tantangan di alam karena ada banyak wahana yang cukup menantang disertai pemandangan alam di sekelilingnya.

Air Terjun Turunan Bolon (Turbo)

Air Terjun Turunan Bolon atau yang lebih dikenal air terjun Turbo memiliki kecepatan air yang menakjubkan. Terjunnya air dapat membuat siapa saja menjadi basah ketika mendekati Air Terjun. Air Terjun Turbo menimbulkan suara air yang deras namun menenangkan.

Air Terjun Turbo sangat cocok bagi pelancong yang ingin berkomunikasi dengan alam. Kita dapat memejamkan mata sejenak sambil mendengarkan derasnya air yang terjun. Pada jarak tertentu dari air terjunpun kita sudah dapat merasakan cipratan air yang dingin menyejukkan.

Wisata Bedeng 7

Sudah menjadi hal yang wajar bagi para pelancong untuk mengabadikan kegiaannya dalam sebuah foto. Wisata Bedeng 7 merupakan tempat wisata dengan spot foto menarik yang dapat digunakan wisatawan untuk merelaksasikan sejenak otot-ototnya.

Wisatawan dapat menggunakan spot foto di Wisata Bedeng 7 untuk kegiatan seperti Pra Wedding ataupun After Wedding. Spot foto yang indah tentunya menjadi pajangan menarik di sosial media yang sedang trending. Bagi para selebgram yang kebetulan sedang berada di Asahan, Wisata Bedeng 7 sangat rekomen untuk dikunjungi.

Puncak Galau

Puncak Galau yang ada di Kabupaten Asahan juga dikenal dengan Puncak Hopit. Sesuai dengan namanya, Puncak Galau berada di ketinggian yang membuat kita bisa menikmati keindahan alam di bawah Puncak.

Bagi yang sedang galau, Puncak Galau bisa menjadi tempat wisata yang rekomen untuk melepaskan penat. Setelah lelah menaiki Puncak, para galauers akan merasa tenang setelah mendapati pemandangan indah di Puncak.

Wisata Kelapa Gading

Wisata Kelapa Gading merupakan wisata kuliner di Kabupaten Asahan yang juga menyajikan keindahan alam di sekitarnya. Setelah lelah berkeliling di Asahan, Wisata Kelapa Gading menjadi tempat yang rekomen untuk mengisi perut yang sudah keroncongan.

Wisata Kelapa Gading menyajikan makanan khas Kabupaten Asahan yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Jadi, bagi para pecinta kuliner wajib untuk datang ke lokasi kuliner ini.

 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Asahan yang wajib kita kunjungi. Pemandangan indah yang memanjakan mata dapat membuat siapa saja betah tinggal disana. Letaknya yang strategis dengan akses yang lebih mudah dilalui pun membuat Kabupaten Asahan cocok menjadi wishlist tempat liburan kita. (net)