oleh

Yuk Kenali Objek Wisata Yang Ada di Langkat

JELAJAHNEWS.ID, LANGKAT – Langkat adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan ibukotanya yang berada di Stabat.

Kab. Langkat terdiri dari 23 kecamatan dengan luas 6.272 km² dan secara administratif bersebelahan dengan Kawasan Pelestarian Alam Taman Nasional Gunung Leuser seluas 213.985 Ha. Kondisi alam Kab. Langkat memang sudah tidak diragukan lagi.

Hal itu pun dibuktikan dengan adanya Kawasan Hutan Lindung yang berada di Kab. Langkat ini. Selain itu, Kab. Langkat juga memiliki kekayaan pariwisata yang melimpah, mulai dari air terjun, sungai, goa alam, serta jalur tracking rimba.

Nah, kali ini kita akan me-list beberapa tempat wisata yang ada di Kab. Langkat dan bisa kamu kunjungi untuk berwisata. Tempat-tempat ini mungkin bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk menghabiskan waktu liburan baik bersama keluarga atau sahabat. Yuk, kita simak ulasannya:

Air Terjun Tongkat

Air Terjun Tongkat adalah salah satu keindahan alam yang dimiliki oleh Kab. Langkat, Sumatera Utara. Air terjun yang sebenarnya bernama Lau Balis ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Langkat dan sekitar Kota Medan.

Air terjun ini secara administratif terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat. Air terjun ini berjarak sekitar 48 kilometer dari Kota Binjai. Dinamakan Air Terjun Tongkat karena adanya sebatang pohon besar yang menyandar pada air terjun tersebut yang menyerupai tongkat. Air terjun inipun sangat cocok bagi kamu yang suka dengan petualangan karena air terjun berada di tengah hutan.

Untuk sampai ke lokasi air terjun ini kamu harus menyusuri hutan terlebih dahulu. Karena berada di tengah hutan, ada baiknya kamu menyewa seorang pemandu untuk membimbing kamu menuju air terjun yang eksotis ini.

Bukit Lawang

Bukit Lawang merupakan tempat wisata yang cukup terkenal di Kab. Langkat, dan berada di Kec. Bahorok. Lokasi ini terletak sekitar 68 km sebelah barat laut Kota Binjai. Bukit lawang merupakan pintu gerbang ke dalam hutan Sumatera dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan, karena berada di kaki Gunung Leuser.

Disana kita bisa melihat primata lucu bernama orang utan. Karena sejatinya, tempat ini merupakan tempat rehabilitasi orang utan serta flora dan fauna menarik lainnya. Selain itu juga ada gajah, harimau, ataupun badak yang menghuni hutan Bukit Lawang ini.

Hal lain yang sering dilakukan jika berkunjung ke Bukit Lawang ini adalah wisata tubing. Wisata tubing adalah wisata air seperti arung jeram namun perahu yang dipakai adalah ban dan hanya bisa dinaiki satu orang untuk satu ban. Lokasi ini memang sering dijadikan tempat wisata tubing karena dekat dengan arus Sungai Bahorok dengan arus sungai yang deras. Wisata tubing ini cocok untuk kamu yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin.

Arung Jeram Sei Wampu

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi kamu yang suka dengan olahraga yang memacu adrenalin. Tempat ini sudah sangat terkenal sebagai tempat rafling terbaik di Sumut. Tempat wisata ini berada di terletak di Desa Maryke, Kecamatan Kutambaru. Tempat wisata ini dapat di tempuh dengan jarak sekitar 56 kilometer dari Kota Binjai.

Melakukan arung jeram dengan menyusuri sungai dengan panjang sekitar 13 kilometer ini memang sangat mengasyikkan. Dengan menggunakan perahu karet sambil megayuh dayung melewati derasnya arus sungai juga tak kalah memacu adrenalin.

Selain itu, kita juga disuguhi pemandangan sekitar lokasi yang dikelilingi batuan putih dimana dari sela-selanya mengalir air panas yang mengandung belerang. Hal inilah yang membuat tempat ini memiliki keunikan tersendiri saat kita melakukan arung jeram.

Air Terjun Teroh-Teroh

Air terjun Tero-Teroh merupakan salah satu tempat wisata favorit yang dimiliki Kab. Langkat. Air terjun ini masih sangat asri dan jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Medan. Lokasi air terjun ini berada di Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai.

Air terjun ini juga sedang booming di kalangan masyarakat semenjak diliput oleh salah satu acara traveling dari salah televisi swasta nasional. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, kita bisa menyewa jasa seorang pemandu. Ada beberapa nama pemandu yang bisa kamu pilih seperti Palaruga, Petar, Paradise of Jungle, dan lain-lain.

Biaya masuk ke lokasi air terjun ini dikenakan tariff sebesar Rp.45.000. Harga ini sudah termasuk biaya seorang pemandu selama berwisata di air terjun, biaya parkir kendaraan, dan pemakaian wc umum untuk ganti pakaian.

Pemandian Alam Kolam Abadi

Pemandian Alam Kolam Abadi berada sebelum mencapai Air Terjun Teroh-Teroh. Pemandian Alam Kolam Abadi ini merupakan satu kawasan dengan Air Terjun Teroh-Teroh. Untuk mencapai ke lokasi Pemandian Alam Kolam Abadi ini, kamu juga harus menelusuri hutan sekitar 25 menit dengan menyewa jasa seorang pemandu dengan biaya yang sama seperti menuju Air Terjun Teroh-Teroh. Pemandian Alam Kolam Abadi ini memiliki air yang bening dan sejuk berwarna kebiruan. Saking beningnya air di kolam ini, kita bisa langsung tembus melihat hingga ke dasar sungai.

Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 3 meter, sehingga kamu bisa menyelam sambil membuka mata untuk melihat dasar sungai karena saking jernihnya air di kolam ini. Atau kamu juga bisa melakukan Cliff Jumping dari tebing-tebing tinggi yang ada di pinggiran kolam ini.

Nah, itu dia beberapa list tempat wisata yang ada di Kabupaten Langkat yang bisa kita kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Selain beberapa tempat wisata tersebut, Kab. Langkat juga masih banyak memiliki tempat wisata lainnya.

Tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kab. Langkat seperti Tangkahan, Air Terjun Jodoh, Air Terjun Saringgana, serta wisata religi ke Masjid Azizi Langkat juga tak kalah menarik untuk kita kunjungi sebagai pilihan untuk berwisata. Dan yang pasti, jika ke Kab. Langkat, kita tidak akan bosan dan kehabisan tempat wisata untuk di kunjungi. (net)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

News Feed