oleh

Wow, Ternyata Simalungun Punya Segudang Obyek Wisata

JELAJAHNEWS.ID, SIMALUNGUN – Sebagai salah satu Kabupaten terbesar yang ada di Sumatera Utara (Sumut), Simalungun selalu mengedepankan potensi objek wisata alam yang ada di wilayahnya. Adapun objek wisata alam tersebut, diantaranya Danau Toba, Tigaras, Haranggaol, Tinggiraja, Pemandian Alam Sejuk, Pemandian Karang Anyer, dan lain-lain.

Tak hanya itu saja, ternyata Kabupaten ini juga memiliki tempat wisata cagar budaya Rumah Adat di Kecamatan Purba untuk menarik kunjungan para wisatawan berkunjung ke Kabupaten tersebut. Yuk, mari kita ulas beberapa obyek wisata yang terdapat di Kab. Simalungun tersebut.

Tanjung Unta

Nama tempat ini adalah pemberian salah satu proklamator Indonesia, Bapak Mohammad Hatta yang saat itu beliau sedang berkunjung ke Danau Toba. Jarak tempat ini dari Kota Pematangsiantar adalah 61 km.

Pemandian Alam Timuran

Pemandian Alam Timuran adalah wisata pemandian dengan air segar yang diambil langsung dari mata air desa Nagori Mariah Jambi dan dikelola sendiri oleh warga. Lokasi wisata inipun tak jauh dari kota Pematang siantar. Kita cukup menempuh jarak 5 km dari pusat kotanya.

Kebun Teh Sidamanik

Sidamanik adalah sebuah hamparan kebun teh yang indah yang terdapat di Sumut. Selain itu disekitar kebun ini juga terdapat air terjun Bah Biak yang sangat indah dan menawan. Desa ini sendiri berjarak kurang lebih 15 km dari Kota Pematangsiantar.

Pelabuhan Tigaras

Tigara merupakan tempat wisata berupa pelabuhan pertama di kawasan Danau Toba yang menyajikan pemandangan alam yang memukau dan bisa digunakan sebagai tempat memancing.

Puncak Simarjarunjung

Postensi wisata alam Puncak Simarjarunjung menyajikan keindahan alam yang dapat menjadi pilihan, seperti keindahan Danau Toba dari atas puncak, pemandangan indah sunrise, serta sunset. Dan tempat inipun selalu menjadi tempat favorit bagi para pengunjung atau wisatawan pecinta alam lokal.

Hutan Lindung Aek Nauli

Hutan lindung ini tidak hanya dapat kita jadikan sebagai tempat wisata alam saja, tetapi juga sebagai tempat edukasi dengan adanya berbagai flora dan fauna di dalamnya. Disini kita bisa menemukan berbagai flora dan fauna endemik dan langka di Indonesia. Bahkan kita juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah seperti pemandangan Danau Toba yang dapat terlihat dari ketinggian 1.100-1.750 mdpl.

Haranggaol

Haranggaol merupakan desa wisata yang tidak hanya menyajikan pemandangan alam berupa pemandangan Danau Toba dari kejauhan, tetapi juga budaya masyarakat.

Kawah Putih Simalungun

Bukan hanya di Bandung, Jawa Barat saja yang memiliki surga bukit kapur, Sumut pun memiliki objek wisata kawah putih Dolok Tinggi Raja yang yang berada di kawasan cagar alam Desa Dolok Tinggi Raja, Kec. Silau Kahean, Kab. Simalungun, Sumatera utara. Lokasi wisata air panas ini memiliki luas 4 hektar dan masih alami ini. Selain itu, lokasi ini juga dapat kita dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda 4 maupun roda 2 selama kurang lebih 3-4 jam dari kota Medan. (net)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

News Feed