Tiga Unit Rumah Warga Ludes Terbakar di Sidempuan

JELAJAHNEWS.ID – Tiga unit rumah warga di Jalan H Umar Nasution Lingkungan I Kelurahan Kayu Ombun Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara hangus terbakar, Senin (5/9/2022) dini hari.

Informasi yang di peroleh bahwa kebakaran yang meluluhlantahkan bangunan rumah milik Ilham Rangkuti (30) pertama kali diketahui oleh istrinya, Devi Marissa yang saat itu terbangun dari tidurnya dan melihat api yang sudah membesar yang sudah membakar asbes rumah milik mereka.

Keduanya pun bergegas menyelematkan diri dari kepungan api, seraya berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Namun api merambat dengan cepat ke rumah milik tetangganya Muhammad Tambunan dan Tessa Sagala.

Untuk memadamkan api, masyarakat sekitar menghubungi Damkar dan Polsek Hutaimbaru serta Polres Padang Sidempuan.

Kapolsek Hutaimbaru, AKP M Panggabean kepada wartawan membenarkan peristiwa kebakaran tersebut. Ia menyebut kobaran api kali pertama muncul dari rumah milik Ilham Rangkuti.

“Kobaran api yang cepat membesar langsung merembet kedua bangunan rumah lainnya yang memang sangat berdekatan. Warga sekitar juga ikut bergotong rohong memadamkan api dengan alat seadanya untuk mempermudah proses pemadaman api. Tidak ada korban jiwa dan warga ikut membantu memadamkan api,” kata Kapolsek Hutaimbaru, AKP M Panggabean, Senin (5/9/2022).

Sedangkan petugas dari pemadam kebakaran mengerahkan 3 unit mobil armada pemadam kebakaran (Damkar) untuk menjinakkan api. Dan akibat kejadian tersebut para pemilik yang rumahnya terbakar diungsikan ke rumah tetangganya yang lebih aman.

“Sulitnya akses menuju lokasi kebakaran, menjadi kendala petugas pemadam kebakaran untuk melakukan penanganan dan pemadaman api. Tapi kini api berhasil dipadamkan dan dalam proses pendinginan,” ujarnya.

Dari hasil penyelidikan bahwa terjadinya kebakaran, sementara disebabkan dari korsleting arus pendek listrik pada stop kontak dinding yang tersambung ke charger HP.

Pemilik rumah Ilham Rangkuti mengalami luka bakar pada bagian tangan sebelah kiri, jari tangan sebelah kanan dan bagian telapak kaki dibawa. Ilham telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

Dalam kejadian kebakaran itu tidak ada korban jiwa, tetapi untuk kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Kapolsek menyampaikan terima kasih kepada semua warga dan dinas Damkar yang telah bergotong royong membantu memadamkan api yang membakar rumah warga, serta menghimbau agar setiap warga berhati-hati dalam penggunaan listrik agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali ditempat manapun. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *