oleh

Terminal Tipe B Kabanjahe Diresmikan

JELAJAHNEWS.ID, KABANJAHE – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi meresmikan beroperasinya Terminal Tipe B Kabanjahe di Kabupaten Karo, Selasa (16/2/2021).

Sarana pendukung transportasi darat ini diharapkan menjadi model percontohan untuk menunjang pengembangan kawasan agrowisata di sekitarnya.  Edy menyampaikan, rencana awal memfokuskan pembangunan terminal tipe B ini mengingat Kabupaten Karo adalah daerah pertanian yang memasok kebutuhan sayur dan buah hingga luar provinsi, bahkan luar negeri.

“Tempat kita ini jalannya kecil, jadi kendaraan harus bisa teratur dan rapi. Maka kita harapkan (terminal) ini dijaga dengan baik,” ujarnya.

Alasan mengapa Terminal Kabanjahe menjadi proyek percontohan, lanjut Edy, sebab Kabupaten Karo dalam sejarahnya adalah daerah penghasil sayur dan buah. Dimana setiap tahun sering digelar pesta hasil pertanian sebagai wujud syukur atas limpahan hasil alam.

“Di sini tempat sayuran dan buah-buahan, dari mulai zaman Belanda sudah ada pesta buah dan bunga. Dengan itu orang datang kemari. Untuk itu perlu mengatur kondisi lalu lintas dan terminalnya,” jelas Edy.

Terminal dengan luas areal lebih kurang 6.450 meter2 ini didukung fasilitas seperti ruang loket bagi setiap perusahaan angkutan, ruang tunggu penumpang hingga tempat khusus ibu menyusui. Selain itu, gedung utama di bagian tengah juga menjadi kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Sarana dan Prasarana Perhubungan (PSPP) Kabanjahe, Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut.

“Cukup representatif, hanya perlu penjagaan oleh masyarakat agar tertib. Siapkan tempat sampah di sini, terutama toiletnya saya lihat bagus, harus bersih (terus),” sebutnya.

Setelah terminal, Edy pun berharap di kawasan perkotaan, khususnya rambu lalulintas dipatuhi agar menimbulkan kesan tertib di masyarakat. Ditambah lagi dengan penyediaan halte di beberapa titik.

Sementara, Bupati Karo, Terkelin Brahmana menyampaikan apresiasi tinggi atas perhatian Gubernur kepada daerah tersebut. Untuk itu pihaknya berharap pembangunan kawasan di kabupaten ini tidak sebatas terminal tipe B saja, tetapi sarana lainnya yang mendukung pengembangan pertanian.

“Saya yakin perhatian Pak Gubernur begitu besar kepada Kabupaten Karo. Bahkan sejak beliau masih Pangdam I/BB, Pangkostrad sampai Beliau sekarang ini menjabat Gubernur,” sambut Terkelin.

Peresmian Terminal Tipe B Kabanjahe juga ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan oleh Gubernur, pengguntingan pita, penandatanganan spanduk putih di bagian pusat jajanan hingga peninjauan beberapa tempat di lokasi.

Peninjauan tersebut diakhiri dengan pelepasan angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) yang akan beroperasi dari Terminal Tipe B Kabanjahe menuju rute masing-masing di sejumlah kabupaten/kota seperti Medan, Deliserdang, Dairi, Pematangsiantar hingga Aceh. (IP)

Berita Terkait