Tanggapi Keluhan Warga, Kapolresta Sidak Markas Narkoba, Kapolsek Kena Repeti

JELAJAHNEWS.ID – Tak ada angin tak ada hujan Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke perumahan Asabri, Desa Selamat, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (3/9/2022).

Kedatangan Kapolresta Deli Serdang ini guna menyahuti keresahan masyarakat Desa Selamat Kecamatan Biru biru atas maraknya peredaran narkoba di Desa mereka.

Bahkan, Kapolresta menyempatkan diri turun langsung untuk melihat markas sabu di kebun cokelat warga yang selama ini digunakan bandar narkoba untuk mengedarkan sabu-sabu.

Buntutnya, Kapolsek Sibiru-biru AKP Cahyadi dan anggota pun kena repetan. Irsan melakukan sidak ke markas sabu di kebun cokelat milik warga.

“Saya tidak ingin ada lagi narkoba di desa ini. Bersihkan desa ini dari Narkoba. Kalian kan sudah tahu titik-titiknya. Saya perintahkan kalian melakukan razia setiap hari. Kalau narkoba masih tetap ada, saya tidak segan-segan mencopot jabatan kalian,” tegas Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji disaksikan masyarakat Desa Selamat.

Irsan juga menginstruksikan Kapolsek Sibiru-biru AKP Cahyadi untuk merobohkan bangunan yang dijadikan bandar narkoba sebagai markas peredaran sabu-sabu tersebut.

“Saya instruksikan kepada pak Kapolsek untuk berkoordinasi dengan Muspika guna merobohkan bangunan itu. Besok segera berkoordinasi,” ujar Irsan.

Kombes Pol Irsan Sinuhaji berada paling depan didampingi Kasatres Narkoba Polresta Deli Serdang Kompol Zulkarnain, Kapolsek Sibiru-biru AKP Cahyadi, Kades Selamat dan masyarakat.

Setelah berjalan kaki menelusuri jalan setapak di bawah rimbunnya pohon cokelat warga, Kapolresta tiba di sebuah bangunan.

Di bangunan terbuat dari kayu inilah bandar narkoba kerap mengedarkan sabu-sabu. Terdapat juga kursi dan meja seadanya yang biasa digunakan pemakai narkoba untuk duduk sambil menghisap sabu-sabu.

Kemudian, Kapolresta menyempatkan diri untuk memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba kepada pemuda pemudi dan anak remaja Desa Selamat.

Dihadapan masyarakat, Irsan menampung semua keluhan masyarakat, dan menyarankan untuk melaporkan praktik peredaran narkoba langsung ke Kasat Narkoba Polresta Deli Serdang.

“Enggak usah takut melapor, kita lihat saja nanti siapa lebih kuat antara kita dibanding penjahat narkoba itu. Kalau warga tidak percaya lagi dengan Polsek Biru biru, silahkan melapor langsung ke Kasat Narkoba saya,” kata Irsan, sembari mengarahkan Kasat Narkoba Kompol Zulkarnaen berkordinasi dengan warga tata cara melapor tanpa diketahui para penjahat narkoba.

“Saya sendiri pernah jadi korban narkoba, karena dari SD hingga SMA saya sekolah di Medan. Tapi saya masih bisa disadarkan keluarga saya hingga menjadi Polisi. Jadi saya harap, bagi pemuda pemudi dan anak remaja yang hadir jangan pernah coba-coba dengan narkoba itu,” ujar eks Waka Polrestabes Medan itu.

Nurlela Tarigan (48) mengucapkan terima kasih kepada Kapolresta Deliserdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji, respon cepatnya menanggapi keresahan masyarakat dan langsung melakukan penindakan terhadap praktik peredaran narkoba di desanya tersebut.

“Terima kasih pak Kapolresta, karena kepedulian bapak Kapolresta terhadap keluhan kami. Semoga kedepanya desa kami ini bebas dengan namanya narkoba,” ucap Nurlela Tarigan.

Senada, Salmi Peranginangin, ia juga sangat berterima kasih kepada Kapolresta Deliserdang karena sudah menyempatkan diri bersama rombongan mendatangi desa mereka.

“Terima kasih banyak pak Kapolres, karena sudah menyempatkan diri datang me kampung kami ini. Semoga dengan kedatangan Kapolres kedepanya kampung kami ini aman aman saja. Jarang ada petinggi Polri seperi bapak, semoga bapak Kapolres sehat selalu dan panjang umur,” kata Salmi.

Seusai acara pertemuan dengan masyarakat, Kapolresta dipakaikan kain ulos karo (usia beka buluh) oleh masyarakat Desa Selamat, dimana (usia beka buluh) merupakan tanda kehormatan Pemuda Karo yang di pasangkan di pundaknya.

Usai sidak, Kapolresta meninggalkan Desa Selamat yang dilepas oleh masyarakat yang telah menggantungkan harapan besarnya kepadanya untuk membersihkan desa mereka dari narkoba. (JN-BTM).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *