oleh

STB Sulit Tangkap Siaran TV Digital, Begini Cara Atasinya

JELAJAHNEWS.ID – Pemerintah telah mematikan TV analog secara serentak dan mengalihkan ke TV digital melalui program Analog Switch Off (ASO). Dan untuk beralih dari TV analog ke TV digital maka perlu mempersiapkan perangkat TV maupun Set Top Box (STB) agar dapat menerima sinyal.

Namun, ada beberapa kemungkinan perangkat tidak bisa menerima sinyal. Dari antena hingga setelan kabel, dan masyarakat perlu mengeceknya saat mendapatkan masalah tak dapat menangkap sinyal.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut cara mengatasi STB sulit menangkap siaran TV digital.

1. Kualitas Antena

Salah satu cara untuk mengatasi kendala sinyal adalah mengecek kualitas antena. TV dan STB perlu antena untuk menangkap siaran digital, termasuk mengenai lokasi dan ukurannya yang berpengaruh. Jika berada pada area yang sekelilingnya ada gedung tinggi, jangan menggunakan antena berukuran lebih kecil. Hal ini karena akan kesulitan mendapatkan sinyal yang kuat.

2. Posisi Antena

Posisi antena juga memengaruhi kemampuan perangkat mendapatkan sinyal. Ini penting bagi yang tempat tinggalnya di tempat yang penih dnegan bangunan. Antena bergerak sedikit, maka akan mempengaruhi kualitas sinyal yang diterima. Selain itu antena bisa saling berebut sinyal dengan antena lain. Hal tersebut sama seperti smartphone yang orang gunakan pada area padat, jadi perlu beri jarak antara antena digital.

3. Masalah Kabel

Selain itu perhatikan sambungan kabel antar antena dan STV/TV digital.

Apabila komponen jack atau colokan rusak karena kotor atau penyok dan tidak tersambung sempurna maka bisa membuat sinyal tidak bisa televisi tangkap secara baik.

4. Setelan STB

Masalah juga bisa berasal dari setelan STB karena setiap perangkat STB punya setelan yang berbeda. Jadi ada baiknya sebelum menggunakannya baca buku panduannya terlebih dulu untuk memastikan pengaturan telah tepat.

Jangan lupa juga hanya membeli STB yang resmi dan tersertifikasi dari Kominfo. Cara Pasang STB ke Perangkat TV Program migrasi ke televisi digital tak perlu membuat masyarakat membeli perangkat TV baru.

TV analog pun bisa masyarakat gunakan meski belum memenuhi standar TV digital, yakni dengan menggunakan STB.

Simak caranya berikut ini untuk mengatur STB: Pastikan daerah sudah tersedia siaran televisi digital Pastikan memiliki antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan.

Selain itu juga memastikan TV telah dilengkapi dengan set top box DVBT2 untuk menerima siaran TV digital Setelah TV terhubung, hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV.

Berikutnya pilih opsi pengaturan dan pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.(sid/jn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *