oleh

Selain Danau Toba, Pariwisata Langkat Jadi Andalan Sumut

JELAJAHNEWS.ID, STABAT – Selain pengembangan wisata Danau Toba, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pempovsu) juga fokus pada pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Langkat.

Diantara destinasi yang menjanjikan yaitu, wisata alam Tangkahan, Bukit Lawang, wisata sejarah dan wisata religi. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, (Sekdaprovsu), R. Sabrina pada Rapat Paripurna DPRD Langkat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-271 Kabupaten Langkat di Gedung DPRD Langkat, Minggu (17/1/2021).

“Pemprovsu saat ini berkomitmen untuk mempercepat pengembangan sektor pariwsata. Selain wisata Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia, Pemprovsu juga mengembangkan destinasi wisata Bukit Lawang dan Tangkahan. Disamping itu juga akan dikembangkan wisata sejarah dan religi,” ujar Sabrina.

Pemprovsu berencana membenahi beberapa hal di kawasan tersebut, salah satunya adalah mengaspal jalan tembus dari Bahorok menuju Tangkahan, perbaikan sarana dan prasarana menuju kawasan wisata serta sentra produksi UKM di Kabupaten Langkat. Pemprovsu juga berencana melakukan revitalisasi sejarah Tengku Amir Hamzah yang merupakan Pahlawan Nasional asal Bumi Langkat.

“Kabupaten Langkat sudah sepatutnya bersyukur karena dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa alam yang subur dan indah, serta keberagaman masyarakat, budaya dan agama. Hal ini harus dijadikan sebagai kekuatan dalam mendukung setiap program pembangunan di Kabupaten Langkat. Untuk itu semua pihak harus bersatu padu menyukseskan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Langkat,” sebutnya.

Rapat Paripurna  DPRD Langkat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-271 Kabupaten Langkat  dipimpin  Ketua DPRD Langkat Surialam, diawali dengan pembacaan sejarah Langkat oleh Sekda Langkat Indra Salahudin.

Peringatan Hari Jadi Langkat tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena menyesuaikan kondisi masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi. Pada peringatan tahun ini tidak ada perayaan yang banyak mengumpulkan orang, seperti pameran dan pesta atau hiburan rakyat.

Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-angin mengatakan pihaknya berjanji akan memegang teguh komitmen untuk membangun Kabupaten Langkat.

“Tidak akan pernah terlintas dalam pemikiran kami untuk mengubah tatanan kehormatan pendiri awal kabupaten ini sebagai tanah Melayu. Sebab kami sadar, di mana bumi di pijak di situ langit dijunjung, adat dijunjung, lembaga disanjung, pusaka sama dijaga dimana adat diisi, disitu pula lembaga dituang,” ujarnya.

Dia berharap momentum Hari Jadi ke-271 Kabupaten Langkat semakin memperkokoh kebersamaan, memperkuat silahturahmi, serta meningkatkan kepedulian untuk saling memberikan kebaikan dan belajar dari setiap kekurangan yang ada. (IP)

Berita Terkait