oleh

Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19, Dinas Pertanian PSP Tanam Benih Bawang Dan Cabe

JELAJAHNEWS.ID, P.SIDIMPUAN – Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan melaksanakan Kegiatan Tanam Benih Bawang Merah dan Benih Cabai Merah, di Kelurahan Sihitang, Kec. Padangsidimpuan Tenggara, Selasa (12/1/2021). Pemulihan Ekonomi Covid-19 Tahun 2020 di Kota Padangsidimpuan Tahap lll yang digelar di KWT Wardah merupakan stimulus APBD Provinsi Sumatera Utara.

Dalam kegiatan tersebut Kadis Pertanian Parimpunan Siregar mengatakan, perkembangan tanaman bawang merah dan berkembangannya komoditas tanaman hortikultura lainnya seperti cabai merah dan tomat sangat berpengaruh terhadap inflasi daerah khususnya pada hari-hari besar tertentu.

Oleh karena itu, sambung Kadis, pada saat ini dan masa mendatang akan terus digalakkan pengembangan tanaman bawang merah dan cabai merah secara luas dan berkesinambungan baik secara swadaya maupun bantuan dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

Kadis menambahkan, sektor pertanian memiliki nilai ekonomis yang dapat menjadikan pemerintah bertahan dari ancaman krisis global, termasuk krisis yang diakibatkan wabah Covid-19 saat ini.

“Jaminan akses pangan yang mudah didapat dengan harga yang wajar atau normal bagi seluruh masyarakat, adalah hal penting dalam situasi seperti ini,” terang Kadis.

Lebih lanjut Kabid, Bambang S mengatakan Tanaman Pangan dan Holtikuktura yang merupakan bantuan Stimulus Ekonomi Covid-19 Tahun 2020 Tahap ke II yang telah dialokasikan ke daerah Kota Padangsidimpuan adalah kegiatan pengembangan budidaya bawang merah 10 Ha untuk tanaman Bawang Merah sampai dengan hari ini telah selesai tanam.

Kabid juga menjelaskan, umur tanaman antara 8 s/d 25 hari setelah tanam, sedangkan tanaman cabe merah dalam tahap pembibitan direncanaken akhir bulan januari 2021 selesai tanam.

Bantuan Stimulus Ekonomi Covid-19 Tahun 2020 Tahap ke lll, sambung Kabid, yang telah dialokasikan ke Kota Padangudimpuan adalah kegiatan pengembangan bawang merah seluas 11 Ha dengan sasaran 11 kelompok tani dan pengembangan cabe merah seluas 4 Ha dengan sasaran 4 kelompok tani.

Untuk pengembangan tanaman, lanjut Kabid,” Bawang merah berupa bibit bawang merah sebanyak 11 Ton pupuk organic 33 ton dan pupuk NPK 1.650 Kg. Sedangkan Bantuan yang akan diserahkan kepada petani untuk pengembangan bawang merah dan cabe merah berupa benih cabe merah sebanyak 48 bks/sachet pupuk organik 12 ton, plastik mulsa 400 gulung dan pupuk NPK 600 kg,” jelasnya.

Perkiraan kebutuhan untuk konsumsi bawang merah di daerah Kota P.sidimpuan, sambung Kabid, diperkirakan sebanyak 687.5 ton/tahun, sedangkan produksi bawang merah diperkirakan baru 300 ton/tahun sehingga masih kekurangan 387.5 ton sedangkan untuk kebutuhan konsumsi cabai merah di daerah Kota P.sidimpuan diperkirakan sebanyak 825 ha sedangkan produksi cabai merah diperkirakan baru 627 ton/tahun, sehingga masih Kekurangan 198 ton.

Kadis Pertanian Parimpunan Siregar berharap, dengan adanya bantuan kegiatan ini produksi kedua komoditas tersebut akan mengalami peningkatan, sekaligus dapat menekan laju inflasi daerah pada hari-hari besar tertentu.

Untuk mengakomodir dan menampung minat petani untuk bertanaman komoditas tanaman bawang merah dan cabai merah di Kota P.sidimpuan, serta untuk mencukupi kebutuhan lokal kedua komoditas dimaksud.

Untuk di ketahui, Pemerintah Kota P.sidimpuan mengajukan permohonan pertambahan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara dalam hal ini melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Propinsi Sumut untuk pengembangan bawang merah seluas 20 ha dan pengembangan tanaman cabe merah seluas 10 Ha, sebagai bantuan Stimulus Pemulihan Covid-19 Tahun 2020 Tahap ke-IlI.

“Alhamdulillah dari permohonan usulan diatas telah dialokasikan atau disetujui Bantuan Pengembangan Tanaman Bawang Merah seluas 11 Ha dan pengembangan tanaman cabe merah seluas 4 ha,” tuturnya.

Terakhir kadis Pertanian mengucapkan, “Terimakasih kami sampaikan kepada pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara, dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara yang telah membantu dan membimbing Sampai dengan terlaksananya kegiatan pengembangan tanaman bawang merah dan cabai merah Program Bantuan Stimulus Pemulihan Ekonomi Covid-19 Tahun 2020 di Kota Padangsidimpuan.

Turut hadir oleh Kadis Pertanian, Kabid Penyuluhan, Ka. UPT.BPPP, Camat, Lurah, Babinsa, Penyuluh dan Anggota KWT Wardah.(Irul Daulay)

Berita Terkait