Pemkab Toba Tandatangani Komitmen Bersama Tolak 4 Tindak Pidana

JELAJAHNEWS.IDPemkab Toba dan Forkopimda serta masyarakat berkomitmen dalam pemberantasan tindak pidana narkoba, kejahatan seksual terhadap anak, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan Balapan liar di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Hari itu dibuktikan dengan dilakukan penandatanganan komitmen bersama di Aula SMK Negeri 1 Soposurung, Balige, Kabupaten Toba hari ini, Senin (22/8/2022).

Dalam sambutanya, Bupati Toba Poltak Sitorus meminta seluruh masyarakat untuk saling mengawasi lingkungan, mengawasi anak-anak, dan jangan dibiarkan mereka terjerumus ke dalam bahaya narkoba dan tiga tindak pidana lainnya.

Salah satu caranya, menurut Bupati adalah mengisi waktu dengan hal-hal yang baik dan tidak bergaul dalam lingkungan yang tidak baik. Dan mempelajari bahaya narkoba yang sangat berbahaya, karena narkoba itu tidak keren dan katakan tidak kepada narkoba.

Ia kemudian menceritakan pengalaman pribadi ketika tinggal di negara Amerika Serikat, ia saat itu tidak pernah terpengaruh narkoba maupun terpengaruh lingkungan yang kurang baik.

“Saya dan keluarga mengatakan tidak kepada narkoba,” kata Bupati Poltak Sitorus, seraya mengajak peserta menyorongkan telapak tangan kanan dan secara bersama-sama mengucapkannya.

Selanjutnya, tiga narasumber memberikan sosialisasi yang awali oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Provinsi Sumatra Utara Munirudin Ritonga.

Ia mengatakan bahwa hak anak diatur dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak (PA), yaitu salah satunya menghormati orang tua, wali, guru dan mendapat perlindungan dari kekerasan.

Dilanjutkan materi dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematang Siantar, Tuangkus Harianja juga menyampaikan apa dan bagaimana bahaya narkoba tersebut.

Terakhir, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb sebagai narasumber ketiga memberikan pemaparan dan ajakan kepada peserta terutama siswa agar tidak melakukan balapan liar dan melanggar aturan berlalu lintas di jalan raya.

Dipenghujung acara, Bupati Tobs Poltak Sitorus, Wakil Bupati Tonny M Simanjuntak, Kapolres Toba, Kajari Toba Samosir Baringin, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua TP PKK Kabupaten Toba Ny Rita Marlina, Wakil Ketua Ny Erna Grace dan peserta lain membubuhkan tanda tangan di spanduk komitmen bersama yang disediakan panitia. (JN-JJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *