Kompolnas RI Tinjau Polda Sumut, “Ada Apa”?

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak menerima kunjungan Tim Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI), di Lobby Adi Pradana Lantai I Mapolda Sumut, Senin (17/5/2021).

Seperti diketahui, dalam menjalankan tugasnya, Kompolnas berwenang untuk menerima saran dan keluhan dari masyarakat mengenai kinerja kepolisian dan menyampaikannya kepada Presiden.

Adapun kedatangan Kompolnas RI ke Polda Sumut guna memonitoring pelaksanaan tugas Polri, salah satunya dalam Operasi Ketupat serta pos-pos penyekatan yang ada di wilayah Sumut.

Selain itu, kedatangan Kompolnas untuk meneliti penyidikan apakah sudah sesuai dengan Program Presisi Kapolri di daerah yang memiliki aduan tertinggi.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut, Irjen Panca Putra Simanjuntak menyambut kedatangan tim Kompolnas RI dan berharap kunjungan ini dapat memberikan masukan yang membangun Polda Sumut.

“Semoga Polda Sumut dapat memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujar Panca.

Panca juga menuturkan angka terkonfirmasi Covid-19 di Sumut mengalami peningkatan pasca Hari Raya Idul Fitri, dan akan terus berupaya melakukan langkah pencegahan Covid-19.

“Kami melakukan vaksinasi massal di 11 Polres dengan target 1.500 orang per Polres dimana sasaran utama adalah Lansia. Selain itu, kami juga menurunkan vaksinator Polri sebanyak 412 orang,” jelas Panca.

Lebih lanjut, Panca mengatakan Polda Sumut telah melakukan sosialisasi di setiap daerah kepada tokoh agama terkait pelaksanaan Sholat Eid sesuai Surat Edaran Menag No 7 Tahun 2021, serta melakukan patroli skala besar gabungan TNI – Polri untuk antisipasi malam takbiran.

Polda Sumut, kata Panca, juga telah menyiapkan Pos – Pos Penyekatan yang berbatasan dengan wilayah Aceh, Riau dan Sumbar dan di tempat-tempat Objek Wisata seperti yang ada di Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kami berharap langkah-langkah yang telah dilaksanakan Polda Sumut dapat membantu mencegah penyebaran Covid-19 sehingga perekonomian masyarakat juga dapat meningkat”, tutup Panca.

Turut hadir, Tim Kompolnas RI yakni, Dr. Albertus Wahyurudhanto, dan Yusuf MH, Asisten Komisioner Julius Abdul Rahman, S.Pdi dan Yozy Erfandi Pratama, SH serta Peneliti Madya Dr. Vita Mayastinasari, M.Si, Dr. Zulkarnaen Koto dan AKBP Miftah Hadi Safii.(JN/Jai)