Kasat Binmas Polres Sidempuan Jadi Pemateri Mahasiswa Baru UIN

JELAJAHNEWS.ID – Kasat Binmas Polres Padang Sidempuan, AKP Sulhan A Siregar menyampaikan bahwa mahasiswa adalah agen perubahan yang memiliki peran sebagai penggerak masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi dengan ilmu, gagasan dan pengetahuan yang dimiliki.

“Mahasiswa juga sebagai penjaga nilai-nilai dalam masyarakat,” ujar Sulhan saat menjadi narasumber kegiatan pengenalan budaya akademik dan kampus (PBAK) mahasiswa baru UIN Padang Sidempuan dalam menciptakan Harkamtibmas, Sabtu (20/8/2022) pagi.

Sebagai kaum intelektual, lanjut Kasat, mahasiswa harus menjaga nilai-nilai yang bersifat mutlak kebenarannya seperti kejujuran, gotong royong, integritas, empati dan lain sebagainya. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa.

“Tidak dapat dipungkiri bahwa seluruh organisasi yang ada akan bersifat mengalir dengan pergantian kekuasaan dari golongan yang tua ke yang muda dengan pergantian kekuasaan, mahasiswa merupakan sebuah aset,” ujar Kasat.

Kata Kasat, mahasiswa juga merupakan sebagai contoh karena sebagai insan akademis dengan tingkat intelektual yang dimiliki, mahasiswa akan disejajarkan dengan tingkat moralitasnya sehingga mahasiswa diharapkan dapat menjadi contoh dan penggerak perbaikan moral pada masyarakat.

“Terakhir, mahasiswa punya peran penting memberikan kontribusi kepada masyarakat demi menjadikan negara Indonesia yang lebih maju, aman dan kondusif,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kasat Binmas juga memaparkan pengertian Kamtibmas berikut dengan manfaatnya. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan pemberian piagam oleh panitia. (JN-Irul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *