oleh

13 Sekda Kabupaten/Kota Ditunjuk Jadi Plh.Bupati/Walikota

JELAJAHNEWS.ID, MEDAN – Radiogram penunjukkan Sekretaris Daerah (Sekda) di 13 Kabupaten/Kota sebagai pelaksana harian (Plh) Bupati/Walikota akan segera diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprovsu).

Kepala Bagian (Kabag) Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumut, Ahmad Rasyid Ritonga mengatakan, Penyerahan radiogram itu dilakukan setelah Pemprovsu menerima Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pelantikan kepala daerah terpilih hasil Pilkada Serentak 2020.

Terlebih, di Sumut sedikitnya ada 14 daerah yang tugas Bupati/Walikota untuk masa jabatan periodesasi 2016-2021 berakhir pada 17 Februari 2021.

“Besok (Rabu) akan dilakukan penunjukkan 13 Sekda sebagai Plh.Bupati/Walikota melalui radiogram,” sebut Rasyid yang dihubungi via seluler, Selasa (16/2/2021).

Lebih jau dijelaskannya bahwa penyerahan radiogram tersebut akan dilakukan langsung tanpa adanya kegiatan seremonial. Sebab, katanya, para sekda di 13 daerah hanya bertugas menjalankan tugas sehari-hari kepala daerah untuk sementara waktu.

“Tidak ada seremonial pelantikan, hanya penyerahan radiogram saja. Karena dia otomotis, hanya menjalankan tugas kepala daerah untuk sementara,” ujarnya.

Sementara, sambung Rasyid, khusus untuk Kabupaten Pakpak Bharat tidak akan diberikan radiogram penunjukkan Sekda sebagai Plh. Hal itu dikarenakan, saat ini Pakpak Bharat masih dipimpin oleh seorang Pj.Bupati, yakni Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat, Kaiman Turnip.

Rasyid pun mengatakan bahwa masa tugas Pj.Bupati Pakpak Bharat akan berakhir dalam kurun satu tahun sejak 25 September 2020, atau ketika Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 dilantik.

“Maka beliau tetap melanjutkan tugasnya, sampai ada pelantikan kepala daerah terpilih,” jelasnya.

Berikut 13 nama sekda yang akan mendapat radiogram penunjukkan sebagai Plh.Bupati/WaliKota yakni, Sekda Medan, Wiriya Alrahman, Sekda Binjai, Mahfullah P. Daulay, Sekda Serdangbedagai, M. Faisal Hasrimy, Sekda Tanjungbalai, Yusmada, Sekda Labuhanbatu Utara, Habibuddin Siregar, Sekda Labuhanbatu, M. Yusuf Siagian, Sekda Labuhanbatu Selatan, Zulkifli.

Kemudian, Sekda Asahan John Hardi Nasution, Sekda Tapanuli Selatan, Parulian Nasution, Sekda Sibolga, Mhd. Yusuf, Sekda Humbang Hasundutan Tonny Sihombing, Sekda Toba Audi Murphy Sitorus, dan Sekda Samosir Jabiat Sagala.

(IP)

Berita Terkait